Fungsi Duct Tape atau Lakban Untuk Instalasi AC Ducting

No ratings yet.

Banyak yang bertanya-tanya, apa fungsi duct tape atau lakban untuk instalasi AC ducting? Mengapa kita harus menggunakannya? Apa yang akan terjadi jika tidak memakainya? Pertanyaan-pertanyaan tersebut hanya bisa dijawab setelah Anda memutuskan untuk membeli AC dan melakukan penginstalan.

Inilah fungsi duct tape atau lakban untuk instalasi AC Duckting

  1. Mengurai Risiko Kebocoran

Duct tape yang digunakan secara tidak langsung membuat berbagai material tersekat dengan baik. Apabila ada kebocoran halus yang terjadi, duct tape akan berusaha menahannya sehingga Freon tidak mencuat keluar.

Risiko kebocoran biasa terjadi pada instalasi AC tergantung dari proses instalasi pertama yang dilakukan oleh pengguna dan bagaimana cara mereka menggunakannya. Duct tape tidak membantu mengatasi kebocoran secara sempurna tapi setidaknya bisa mencegah kebocoran terjadi terutama di masa-masa awal pemakaian AC

  1. Membungkus Material AC Sehingga Terlihat Rapi

Pada saat memasang pipa AC, ada banyak sekali material yang digunakan seperti kabel, pipa AC, pipa drain dan lainnya. Macam-macam material tersebut dibungkus dengan menggunakan lakban sehingga terbungkus secara sempurna.

Proses membungkus material memakai duct tape dilakukan secara diagonal spiral. Cara ini menghasilkan bungkusan yang rapi dan indah. Jadi ketika membersihkan atau merawat AC di kemudian hari, Anda tidak akan menemukan material AC yang berhamburan ke mana-mana.

Untuk hasil pemasangan duct tape yang baik, silahkan simak terlebih dahulu tata cara pasang AC ducting di buku panduan atau tutorial YouTube. Ada baiknya, Anda bertanya langsung pada staf AC di tempat Anda membeli.

  1. Mencegah Kondensasi

Kelebihan lain menggunakan duct tape pada AC ducting adalah mencegah terjadinya kondensasi. Kondensasi biasa terjadi bila ada rongga udara pada pipa dan insulasi pipa. Penyebab utamanya karena insulasi pipa yang tidak dipasang cukup baik sehingga tampak renggang.

Namun dengan penggunaan duct tape, hal tersebut bisa diminimalisir. Duct tape memiliki karakter yang melekat dengan kuat sehingga bisa mengencangkan insulasi pipa menjadi lebih menempel dari sebelumnya.

Berani membeli AC ducting artinya harus berani pula mencari tahu bagaimana tips memasang AC ducting yang baik dan benar. Termasuk bagaimana cara memasang duct tape-nya. Karena dalam pengoperasian AC ducting, lakban memiliki beberapa fungsi sentral yang membuat kinerja AC menjadi lebih baik dan awet.

Cara memasang AC ducting biasanya dijelaskan secara mendetail di buku instalasi yang ada satu paket dengan produk. Yang Anda lakukan cukup mengikuti semua arahan yang diberikan oleh buku tersebut. Tapi jika tidak bisa melakukannya sama sekali, cukup hubungi jasa instalasi AC ducting.

Jasa instalasi AC tentu mengenal fungsi duct tape atau lakban untuk instalasi AC ducting dan tidak akan lupa menggunakannya. Instalasi AC ducting tanpa menggunakan lakban hanya akan memberikan hasil akhir yang kurang sempurna.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian