Hindari Kebiasaan Ini Agar AC Cassette Panasonic Inverter Awet

No ratings yet.

AC Cassette Panasonic Inverter yang di-install di rumah sejauh ini bagaimanakah kondisinya? Apakah dalam kondisi prima atau justru sebaliknya. Sejauh ini, kondisi AC di rumah atau di kantor merupakan cerminan pemiliknya.

Meskipun dilengkapi dengan teknologi paling mutakhir, AC masih bisa mengalami kerusakan. Mengapa demikian? karena pemakaian AC yang kurang tepat yang membuat komponen AC cepat mengalami kerusakan. Jadi secara tidak langsung, alasan utama AC cepat rusak adalah human eror.

Hindari kebiasaan ini agar AC Cassette Panasonic Inverter awet

Jika sayang dengan barang yang dimiliki termasuk AC di rumah, maka jangan lakukan kebiasaan buruk berikut ini:

  1. AC tidak pernah dibersihkan

Membersihkan AC merupakan hal yang penting dan sebenarnya tidak perlu dilakukan setiap hari. Cukup bersihkan AC satu kali dalam 3-4 bulan. Saat terlalu sibuk, hubungi jasa kontraktor AC untuk melakukannya. Karena AC yang kotor akan mempengaruhi kebersihan AC, kita tentunya tidak mengharapkan menghirup bakteri atau kuman karena udara kotor.

  1. Langsung nyalakan AC yang baru dimatikan

Karena tidak hati-hati, secara tidak disadari kita menekan tombol off pada remote AC sehingga AC menjadi non-aktif alias mati. Daripada menyalakan AC kembali, jauh lebih bijaksana jika menunggu selama beberapa menit lebih dahulu. Dengan menunggu, kompresor AC tidak akan terkejut lalu menjadi rusak. Hal ini pula yang sering dikatakan oleh staf toko AC untuk menghindari kerusakan fatal pada perangkat pendingin ini.

  1. Membiarkan AC tetap nyala padahal tidak dibutuhkan

Mungkin terkesan berlebihan jika menyalakan AC selama berjam-jam padahal tidak digunakan. Tapi faktanya, ada beberapa orang yang pernah melakukan hal ini. Idealnya, AC itu dinyalakan selama 5 jam ketika dibutuhkan. Tapi karena terlalu buru-buru, kita suka lupa mematikan AC dan membiarkan AC dalam mode on.

Agar AC bisa awet hingga 10 tahun, usahakan untuk tidak melakukan kebiasaan buruk ini terus menerus. Matikan AC sebelum pergi keluar rumah dan nyalakan kembali saat ada orang di rumah.

  1. Salah mengatur suhu AC

Karena kurang pemahaman banyak pengguna AC yang melakukan hal ini, padahal pengaturan suhu yang keliru bisa mempercepat kerusakan pada AC. Ketika kita mengatur AC dengan kecepatan kipas optimal lalu suhunya dipasang di angka 16 derajat, otomatis kompresor AC akan rusak.

Selain merusak kompresor, kebiasaan ini juga menyebabkan listrik boros. Solusi paling mudah agar mendapatkan suhu yang dingin tanpa merusak AC, adalah dengan menyalakan AC 15 menit lebih cepat sebelum digunakan. Jika ada fitur timer di AC, manfaatkan timer tersebut untuk pengaturan waktunya.

  1. Masih sering merokok di ruangan ber-AC

Distributor AC tidak akan mau mengklaim garansi kerusakan AC yang disebabkan oleh kontaminasi asap rokok. Asap rokok menyebabkan gas Freon terpapar udara panas yang kemudian mengakibatkan kotoran dan debu menempel lalu merusak AC.

Supaya AC Cassette Panasonic Inverter tidak rusak karena sering merokok. Maka hindari ruangan ber-AC untuk merokok, lebih baik habiskan rokok di ruangan terbuka.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian