Inilah Alasan AC Inverter Diyakini Sebagai AC Paling Hemat Listrik

No ratings yet.

AC inverter digadang-gadang sebagai AC paling ekonomis pemakaian daya listriknya bila dibandingkan dengan AC lainnya. Alasan inilah yang menjadikan AC teknologi inverter paling populer dan banyak ditanyakan oleh konsumen ketika belanja ke agen AC. Meski diyakini sebagai AC super hemat, masih banyak yang meragu dan bertanya-tanya apa benar AC teknologi inverter yang paling hemat?

Mengapa AC Inverter Diyakini Sebagai AC Paling Hemat Listrik?

Meskipun membutuhkan AC sebagai pendingin ruangan, konsumen tidak mau rugi dengan membayar tagihan listrik yang tinggi. Oleh karenanya, mereka tertarik untuk membeli AC teknologi inverter. Berikut ini alasan mengapa AC teknologi inverter diyakini sebagai AC hemat listrik:

  1. Kompresor Responsif

Cara kerja dari AC teknologi inverter itu berbeda dengan AC standard. Kompresor AC ini akan menyala tanpa henti setelah AC dioperasikan. Berbanding terbalik dengan AC standard yang terkadang akan melakukan proses menyalakan dan mematikan ketika suhu udara sudah dirasa cukup dingin.

AC teknologi akan terus menyala meskipun suhu udara sudah dingin, meski demikian hembusan udara yang diberikannya tidak sekencang seperti di awal. Melainkan memberikan hembusan udara yang stabil.

Pada AC teknologi inverter, kita tidak akan menemukan proses on-off sebagaimana yang dilakukan AC standard. Inilah yang membuat kinerja AC menjadi lebih ringan yang kemudian turut mempengaruhi pemakaian listriknya.

Beberapa pelanggan toko AC yakni jika AC teknologi inverter hemat 50% lebih banyak bila dibandingkan dengan AC standard. Dengan perhitungan tersebut tentunya akan membantu mengurangi pembengkakan tagihan listrik.

2. Ukuran PK Disesuaikan Dengan Luas Ruangan

Pada umumnya, AC standard yang seringkali Anda gunakan dengan kapasitas 1 PK memerlukan daya listrik sekitar 819 watt. Maka berbeda dengan AC teknologi inverter yang hanya membutuhkan tidak lebih banyak dari 540 watt dengan jumlah PK yang sama.

Sama seperti AC standard lainnya, meskipun AC teknologi inverter mampu memberikan suhu dingin yang stabil. Pengguna harus tetap memakai ukuran PK yang tepat untuk ruangan tertentu. Jangan sampai PK yang digunakannya tidak sesuai bahkan tidak mencukupi.

Percuma hemat listrik, bila ruangannya tetap tidak dingin. Jangan ragu untuk meminta bantuan staf distributor AC untuk mencarikan AC teknologi inverter yang PK-nya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sayangnya, meski AC teknologi inverter sudah terbukti lebih hemat listrik daripada AC standard masih banyak konsumen yang lebih memilih AC standar. Ini karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang teknologi inverter.

AC standard mungkin hemat listrik namun hanya diawalannya saja. Untuk seterusnya, AC standard akan terus menambah pemakaian daya listrik yang berpengaruh pula terhadap tagihan listrik Anda.

Sebelum memanggil kontraktor AC untuk instalasi AC, pastikan yang Anda beli adalah AC teknologi inverter. Sebagaimana penjelasan di atas, AC teknologi inverter terbukti lebih hemat listrik dan lebih baik fitur pendinginnya dari AC standard.

Semoga informasi tentang AC inverter hemat listrik di atas bisa membantu Anda memilih jenis AC yang tepat. Jadi tidak perlu keluar uang lagi untuk membeli AC baru yang lebih hemat listriknya.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian