Jenis AC Split dan Tips Pemilihannya

AC Split – Agar kita bisa menentukan jenis AC apa yang ingin kita gunakan ada baiknya kita mengenali jenis-jenis dari AC Split berikut ini:

  1. AC Standar

Apabila kita membutuhkan pendingin ruangan yang bisa mendinginkan ruangan secara cepat ada baiknya kita menggunakan AC Standar dengan watt yang besar. Keuntungan dari AC jenis ini adalah memiliki harga yang relatif murah, biaya perawatan serta biaya freon lebih murah jika dibandingkan dengan tipe inverter, lalu banyak orang yang lebih paham mengenai perawatan AC tipe standar ini.

  1. AC Low Watt

Kelebihan AC split jenis low watt ini adalah penggunaan daya listriknya yang lebih rendah. Akibatnya biaya listrik menjadi lebih murah. AC ini cocok digunakan untuk orang-orang kelas menengah yang sangat membutuhkan pendingin ruangan, serta cocok juga dengan ruangan yang jauh lebih sempit sehingga sirkulasi udara menjadi lebih lancar dan cepat terasa dingin.

  1. AC Inverter

Inverter merupakan salah satu teknik untuk mengatur frekuensi listrik sehingga output cooling yang dihasilkan bisa sesuai dengan yang kita inginkan. Pengaturan frekuensi listrik ini juga akan mempengaruhi kecepatan pada kompresor. Keunggulan dari pendingin udara tipei inverter ini adalah suhu yang dihasilkan lebih stabil, angkatan listrik dari pertama kali dinyalakan tidak akan besar. Dengan begini AC jenis inverter lebih ekonomis namun suhu yang dihasilkan masih sesuai dengan yang diharapkan.

  1. Hybrid

AC Hybrid adalah jenis AC yang bisa kita tentukan berapa tingkat PK yang diinginkan. Misalnya menggunakan hybrid 1 PK, maka kita bisa memilih menggunakan ½ Pk, ¾ PK, dan 1 PK sesuai dengan keinginan kita.

Tips Memilih AC Split

Agar mendapatkan AC yang sesuai dengan keinginan serta biaya yang dipunyai, maka berikut ini adalah tips dalam memilih AC split agar sesuai dengan gambar AC split yang selama ini dibayangkan.

  • Hal yang pertama kali harus kita lakukan adalah tujuan kita membeli AC split. Ada banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan sebagai tujuan dalam membeli AC ini yakni kenyamanan, fungsi, serta kebutuhan lainnya.
  • Berikutnya kita harus menghitung kebutuhan BTU. Walau setiap AC memiliki PK yang sama namun belum tentu BTU yang ada pada AC tersebut juga sama. BTU yang lebih besar dipastikan lebih cepat mendinginkan ruangan daripada BTU yang kecil. Oleh sebab itu BTU yang besar penggunaan energi listriknya lebih banyak dan tentu pengeluaran juga akan semakin besar.
  • Pemilihan inverter juga menjadi pertimbangan. Karena inverter harganya cukup mahal, namun suhu yang dihasilkan lebih stabil sehingga biaya listrik juga jauh lebih hemat. Hal ini dikarenakan AC split jenis inverter ini terletak pada pipa dan freonnya.
  • Dalam instalasinya diusahakan posisi dan jarak outdoor dengan indoor tidak lebih dari jarak maksimumnya. Dan posisi outdoor harus lebih rendah dari indoornya.

 

Oleh: acwahana.com