Jenis AC yang Sering digunakan di Gedung

5/5 (1)

Tipe dan jenis AC yang digunakan pada bangunan gedung biasanya bergantung pada fungsi ruangan dalam gedung tersebut. Biasanya gedung yang memasang adalah hotel, perkantoran, instansi, pusat perbelanjaan, bahkan sekolah juga memasang AC. Berdasarkan jenis gedung tadi maka jenis AC yang akan digunakan juga berbeda. Saat ini memang ada banyak sistem baru yang memudahkan konsumen untuk menggunakan AC.

Jenis AC yang Sering digunakan di Gedung Berdasarkan Distributor AC

Di dalam gedung sendiri pemasangan AC harus menggunakan sistem tertentu. Biasanya teknisi memahami betul mengenai pemasangan AC ini. Distributor resmi AC biasanya memiliki teknis handal yang paham bagaimana sistem AC yang cocok untuk berbagai macam gedung. Berikut ini adalah jenis AC yang digunakan pada bangunan gedung.

  1. AC Split Wall

Jenis AC split wall biasanya digunakan untuk gedung hotel, karena biayanya yang cukup murah. Bagian dari AC ini adalah unit indoor yang terdiri dari filter, evaporator, expansion valve, dan control unit. Sementara untuk unit outdoornya sendiri terdiri dari kompresor, kondensor, dan refrigerant filter.

2. AC Cassette

Jika kita melihat ada pendingin udara yang dipasang menempel pada plafon, dapat dipastikan AC tersebut adalah AC cassette. Biasanya pendingin udara ini terdiri dari ukuran 1,5 PK hingga 6 PK. Pemasangan jenis AC ini memerlukan keahlian khusus. Sehingga Anda perlu memanggil teknisi dari dealer AC.

3. AC Split Duct

AC ini merupakan jenis AC dengan sistem penyebaran udara dingin menggunakan ducting. AC split duct tidak memiliki pengaturan suhu sendiri-sendiri. Pengaturan suhu hanya bisa Anda lakukan di ruang kontrol AC. Pendingin udara ini tidak pernah terlepas dari sistem ducting yang berfungsi sebagai penghantar udara yang telah diubah lalu disebarkan ke ruangan yang sudah ditentukan.

4. AC Floor Standing

AC ini memiliki unit indoor yang berdiri atau duduk serta dapat dipindahkan sesuai dengan keinginan kita. Biasanya AC ini memiliki ukuran PK dari 3 hingga 5 PK. AC floor standing ini seringkali disewakan karena mudah dibawa kemana-mana.

5. AC VRV

AC VRV memiliki satu outdoor dan beberapa unit indoor dengan berbagai tipe mirip dengan sistem AC split wall. VRV merupakan teknologi yang telah dilengkapi dengan CPU serta kompresor inverter. Selain itu AC VRV sudah terbukti mampu menghemat energi, tahan lama, dan melebihi sistem AC lainnya.  VRV bisa menggunakan satu unit outdoor untuk digunakan oleh 2 unit indoor secara bersamaan.

6. AC AHU

AC ini bisa kita dapatkan di distributor AC karena peminatnya cukup banyak sehingga sudah banyak tersedia di pasaran. AHU merupakan AC yang digunakan untuk ruangan dengan luas yang besar seperti bandara, perkantoran, pusat perbelanjaan, dan banyak lagi lainnya.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian