Jenis-jenis Material Ducting HVAC Sesuai Fungsinya

No ratings yet.

Salah satu kajian ilmu paling menarik seputar ducting HVAC adalah jenis material ducting. Setiap material ducting memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya sangat populer di kalangan pelanggan. Contohnya material PU yang memungkinkan ruangan menerima udara sejuk dan segar secara optimal.

Inilah jenis-jenis material ducting HVAC

  1. Mild Steel

Merupakan besi karbon yang banyak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari terutama konstruksi. Mild steel dikenal sebagai material yang kuat dan kaku tapi di sisi lain material ini juga mudah sekali untuk berkarat.

Karena kekurangannya tersebut, perusahaan AC mengembangkan teknologi terbaru hingga mild steel bisa bertahan lama ketika terkena tetesan air. Sehingga AC yang dibuat dari material mild steel tidak hanya bisa dioperasikan di dalam ruangan tapi juga luar ruangan.

  1. PU

Merupakan material ducting AC yang dibuat dari sejenis busa. Kemudian dilapisi sedemikian rupa dengan aluminium foil. Kelebihan AC duting yang dibuat dari material ini di antaranya tidak perlu tambahan lapisan luar. Lapisan luar telah disediakan oleh perusahaan.

Apa yang didapatkan perusahaan atau industri ketika menggunakan AC PU? Material ini memiliki fleksibilitas yang sangat tinggi. Selain itu, PU juga memiliki tingkat kompresi maupun tekanan yang baik.

Menemukan AC ducting yang dibuat dari material ini tidak sulit mengingat produksinya selalu ada di pasaran. Proses yang dibutuhkan untuk membuat AC PU pun sangat singkat.

  1. PVC

Selain digunakan untuk membuat plafon, PVC juga banyak dipakai untuk membuat penyejuk udara. Material ini punya banyak kelebihan di antaranya anti karat, anti air, memiliki elastisitas dan kekuatan yang sangat baik.

Perawatan yang dibutuhkan untuk merawat jenis ducting AC ini juga sangat simpel. Dengan perawatan sederhana, kotoran dan debu yang terdapat pada body AC akan menghilang dengan cepat.

  1. BJLS

Merupakan jenis ducting yang berfungsi untuk mentransfer udara. Material BJLS memiliki fungsi tunggal sehingga tidak bisa dimanfaatkan untuk mempertahankan kestabilan suhu ruangan.

Fungsinya sebagai penyalur udara amat dibutuhkan guna memastikan ruangan yang diinstalasi AC benar-benar mendapatkan udara sejuk. Setidaknya, terdapat tiga jenis ducting BJLS yang populer di pasaran di antaranya adalah ducting exhaust, ducting intake dan juga ducting fresh air.

Masing-masing ducting AC memiliki fungsi dan perannya tersendiri. Contohnya ducting exhaust yang bermanfaat untuk mendinginkan ruangan minim udara seperti toilet juga tempat parkir. Tempat yang perputaran atau sirkulasi udaranya kurang optimal sehingga membutuhkan perangkat aktif dan responsif.

Itulah keempat jenis material ducting HVAC. Anda yang bertanggung jawab di bidang pengondisian penyejuk udara tentunya pernah mendengar bahkan menggunakan salah satu perangkat tersebut.

Perangkat penyejuk udara yang berkontribusi sepenuhnya demi menjaga kualitas dan mutu produk yang didinginkan. Ducting HVAC yang teknologinya sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan manusia terhadap alat atau media pendingin ruangan.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian