Kapan Waktu Terbaik Memanggil Kontraktor AC?

No ratings yet.

Kontraktor AC berjasa sekali bagi kita karena mampu memasang dan memperbaiki AC yang rusak. Perawatan AC memang harus dilakukan secara teratur untuk menambah usia AC. AC yang berada dalam kondisi terbaik ketika dinyalakan akan menyejukkan ruangan dengan cepat, sirkulasi udara pun tetap terjaga sehingga udara di dalam ruangan tetap bersih dan segar.

Cara mengetahui waktu terbaik memanggil jasa kontraktor AC

  1. Service berkala dalam setahun

Menurut ahlinya baik itu AC atau mesin pemanas wajib diservice secara berkala, terlepas mengalami kerusakan atau tidak. Tujuannya adalah untuk melihat kondisi mesin AC apa masih dalam kondisi terbaik atau tidak. Ketika AC tidak pernah diservice padahal kondisinya buruk, di masa depan AC akan mengalami kerusakan yang sangat parah bahkan tidak bisa diperbaiki lagi. Jauh lebih efektif untuk melakukan service secara berkala daripada membeli AC baru yang lebih mahal.

  1. Dampak negatif AC yang jarang diservice

Retail AC hanya menawarkan AC berkualitas terbaik, tapi bukan berarti AC yang ditawarkan tidak butuh service sama sekali. Ada kalanya AC harus ditangani oleh teknisi yang handal terutama setelah satu tahun pemakaian. Saat AC dinyalakan akan menyebabkan debu dan kotoran menumpuk di kondensor AC dan filter udara ketika tidak dirawat atau dibersihkan. Kinerja AC pun bisa menurun sehingga kemampuan menyejukkan ruangan tidak semaksimal di pemakaian pertama.

  1. Cuci kondensor AC berkala

Salah satu bagian AC yang sangat penting adalah kondensor yang fungsinya untuk membuang debu serta kotoran yang diserap AC dari evaporator. Saat kondensornya kotor, udara tidak bisa lewat dengan mudah yang kemudian berpengaruh pada temperatur yang terus naik. Jika mulai merasakan kinerja AC berkurang, maka itulah waktu yang tepat untuk pergi ke AC spesialis untuk membersihkan kondensor atau merawat AC yang rusak.

  1. Ganti filter AC setiap bulan

Pada umumnya, AC memerlukan penggantian filter secara berkala. Perawatan ini wajib dilakukan setidaknya sekali dalam sebulan. Tujuannya agar AC bisa menyejukkan udara dengan baik setiap harinya serta tidak ada kotoran yang sudah terkumpul dapat merusak AC.

  1. Service AC ketika mesinnya berbunyi nyaring

Saat menghidupkan AC dan mendengar suara yang bising atau tidak biasa, maka tandanya mesin AC mengalami masalah. Selain itu, bila AC tidak mampu menyejukkan udara dengan baik hingga ruangan menjadi dingin maka itu tandanya perlu memanggil kontraktor atau pergi ke kantor mereka demi memperbaiki kualitas dari AC.

Jika pengguna mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengunjungi kontraktor AC, secara tidak langsung akan membantu mengurangi budget biaya service yang tinggi. Hal ini karena makin sedikit kerusakan yang dialami AC, makin sedikit pula harga yang perlu dibayar untuk membayar biaya servicenya.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian