Kelebihan dan Kekurangan Tipe-Tipe AC

No ratings yet.

Kontraktor AC menyediakan berbagai tipe dan jenis pendingin ruangan serta pelayanan lain seperti instalasi, perawatan hingga penjualan dan pembelian. Saat ini telah banyak sekali jenis dan tipe pendingin ruangan yang dapat dipilih oleh konsumen untuk diaplikasikan di rumah, kantor atau jenis bangunan yang lainnya. Pemilihan tipe dan jenis Air Conditioner atau AC tentu dilakukan dengan berbagai pertimbangan dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Kelebihan Tipe AC

Untuk dapat mengaplikasikan dan menikmati udara segar yang bersumber dari pendingin ruangan atau AC, kinerja kontraktor AC sangat dubutuhkan. Pihak kontraktor tidak hanya akan memberikan konsultasi, namun juga akan mengintalasi serta melakukan perawatan dengan baik. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari masing-masing tipe AC:

  • AC inverter

AC inverter merupakan jenis atau tipe pendingin ruangan yang dibekali dengan teknologi pengontrol kecepatan motor kompresor. Komponen ini mampu mengatur kuat lemahnya suhu udara di dalam sebuah ruangan. Banyak kelebihan yang diberikan oleh AC jenis ini antara lain dapat menghemat listrik karena tarikan pertamanya jauh lebih rendah dibanding jenis AC yang terdapat di distributor AC lainnya. Dengan begitu, tagihan listrik juga akan jauh lebih kecil. Selain itu, tipe AC ini juga mampu membuat suhu ruangan menjadi jauh lebih stabil.

  • Non inverter

Tipe AC yang kedua adalah non inverter yang tidak memiliki teknologi kontrol kecepatan motor pada kompresor. Kelebihan dari penggunaan AC jenis ini adalah harga beli produk serta biaya instalasinya jauh lebih terjangkau dibanding AC inverter. Selain itu, kelebihan penggunaan AC non inverter yang dipercayakan oleh perusahaan kontraktor AC yang tak kalah menarik adalah ketika mengalami kerusakan, maka akan lebih mudah dibenahi. Serta tidak menelan biaya perbaikan yang mahal.

  • Low watt

Tipe terakhir adalaj low watt. Tipe pendingin ruangan ini muncul dengan kompresor yang memiliki daya yang lebih kecil dibanding tipe AC lainnya. Kelebihan dari AC jenis ini antara lain harga beli serta proses pemasangannya melalui distributor AC Indonesia jauh lebih terjangkau dibanding AC inverter atau non inverter. Yang tak kalah membahagiakan, AC jenis ini juga sangat hemat energi dan tagihan lsitrik pun jauh lebih kecil.

Kekurangan AC berbagai tipe

Setelah membahas kelebihan, saatnya membahas tentang kekurangan dari masing-masing jenis atau tipe AC di atas, antara lain:

  • AC Inverter

Kekurangan dari AC jenis ini antara lain memakan proses pendinginan dalam kurun waktu yang relatif lama. Hal ini dikarenakan proses tarikan pertama pada AC 1/3 lebih rendah dari jenis lainnya.

  • AC non inverter

Sedangkan untuk kelemahan AC non inverter adalah kompresr langsung berjalan ketika AC dinyalakan sehingga tak ada kontrol sama sekali. Pihak kontraktor AC terpercaya sudah banyak yang menjelaskan tentang ini.

  • AC low watt

Untuk kekurangan AC low watt terletak pada suara yang dihasilkan unit. Unit AC jenis ini cenderung berisik dan mengeluarkan suara yang cukup mengganggu ketenangan.

Selain menyimpan banyak kelebihan, ternyata Air Conditioner atau AC yang banyak disediakan oleh kontraktor AC juga memiliki kekurangan. Hal ini sangatlah wajar mengingat segala sesuatu pasti ada plus dan minusnya.

oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian