Kenali 6 Perbedaan AC AHU dan FCU di Sini

No ratings yet.

Sistem AC AHU sering kali dikaitkan dengan FCU padahal keduanya memiliki peranan yang berbeda. Keduanya juga memiliki begitu banyak perbedaan yang mempermudah konsumen untuk mengidentifikasi kebutuhan mereka berdasarkan perbedaan tersebut. Selengkapnya tentang perbedaan perangkat AC FCU dan AHU simak berikut ini.

Perbedaan AC AHU dan FCU

  1. AHU sistem skala besar dibandingkan FCU

Anda membutuhkan perangkat penyejuk udara yang mampu mendinginkan udara dalam skala besar? Jika jawabannya ya, maka pilih AHU daripada FCU. AHU memiliki sistem cooler lebih luas daripada FCU. Beberapa pihak bahkan menyebut FCU sebagai versi kecil AHU.

Beberapa gedung perkantoran bertingkat, hotel, pusat perbelanjaan, pabrik besar umumnya menginstalasi AHU untuk memenuhi kebutuhan penyejuk udara. Sedangkan FCU lebih sering digunakan untuk hunian berskala kecil seperti rumah, toko kecil dan sebagainya.

  1. AHU jauh lebih rumit dari FCU

Meskipun memiliki jangkauan lebih luas daripada FCU, skala kerumitan AHU jauh lebih besar daripada FCU. Tidak heran jika AHU lebih sering dipilih oleh industri atau gedung komersial daripada hunian pribadi. Karena umumnya, penghuni rumah ingin AC yang bisa diinstal lebih mudah dan cepat.

Proses instalasinya harus dilakukan secara profesional oleh teknisi ahli. Supaya perangkat dan komponen AHU yang dipasang bisa bekerja sesuai fungsinya masing-masing. Usahakan untuk meminta bantuan jasa instalasi ketika Anda membeli AC baru dengan sistem AHU.

  1. Sistem AHU membutuhkan saluran

Proses pengelolaan udara yang dilakukan oleh AHU membutuhkan saluran untuk distribusinya. Berbanding terbalik dengan FCU yang tidak membutuhkan saluran sama sekali.

  1. FCU mendaur ulang udara

Cara kerja FCU dan AHU sangat unik dan berbeda. Saat Anda menginstalasi AHU, perangkat ini akan mengolah udara luar mengikuti mekanisme kerjanya. Sementara itu, AC FCU bekerja dengan cara mendaur atau mengonstruksi ulang udara yang telah ada. Sehingga udara yang dihasilkan oleh AHU jauh lebih sehat dan bersih daripada udara FCU.

  1. AHU memiliki sistem pemanas dan pelembab

Cara kerja AHU tidak hanya unik, perangkat pendingin udara ini juga dilengkapi dengan sistem pemanas dan pelembab. Di mana, kedua sistem tersebut tidak bisa Anda temukan saat menggunakan AC FCU.

  1. AHU mampu meredam suara lebih baik

Kelemahan lain yang dimiliki oleh FCU adalah suara bising yang dihasilkannya. Kipas dan komponen lain pengolah udara membuat FCU menghasilkan udara lebih tinggi. Instalasi blower juga dilakukan di ruangan yang sama dengan unit pendingin itu sendiri.

Sedangkan, AHU memiliki sistem kerja yang dapat meredam suara dengan sangat baik. Proses instalasi blower dilakukan pada ujung terminal AHU atau saluran udara. AHU memungkinkan karyawan bekerja dengan sangat aman dan nyaman karena tidak mendengarkan suara bising dari AC.

Demikianlah informasi menarik seputar FCU dan AHU. Anda yang masih bingung antara membeli AC AHU atau FCU, bisa melihat kembali perbedaan produknya di atas.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian