Kenali Apa saja Penyebab AC tidak Dingin Lagi

No ratings yet.

AC merupakan seperangkat alat yang mampu mengkondisikan udara pada tingkat suhu tertentu. Hal ini berarti AC mampu mendinginkan udara sesuai dengan yang diinginkan oleh pengguna. AC banyak digunakan oleh orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan, dan biasanya daerah yang bersuhu panas.

Namun masyarakat seringkali menggunakan pendingin udara secara berlebihan. Ada yang menggunakan AC 24 jam sehari, ada juga yang mengatur suhu terlalu rendah, dan ada juga yang tidak melakukan perawatan berkala terhadap AC. Hal seperti ini yang membuat AC menjadi cepat rusak, dan boros tagihan listrik. Padahal sudah sejak awal diberitahu saat membeli di retail AC, jika penggunaan pendingin udara harus secara bijaksana.

Faktor yang menjadikan AC tidak Dingin, dan Perbaikan oleh Kontraktor AC

Penggunaan AC yang tidak sesuai tersebut dapat menyebabkan kinerja AC tidak beroperasi dengan baik, akibatnya AC menjadi dingin. Dan di bawah ini adalah beberapa faktor atau penyebab AC menjadi tidak dingin lagi:

  1. Kotor

AC Spesialis selalu berkata bahwa perawatan AC sangat penting untuk dilakukan. Pendingin udara yang terlalu kotor akan menyebabkan sirkulasi udara menjadi tidak lancar alias terhambat kotoran yang menempel. Debu atau kotoran yang menempel tersebut menghalangi hembusan angin dari kipas, bahkan bisa merusak fungsi dari komponen lain. Oleh sebab itu ada baiknya membersihkan AC sebanyak 1 kali dalam 3 bulan. Cara lain membersihkan AC ialah hanya perlu dengan mencuci filter AC minimal 2 kali dalam seminggu. Dengan begitu AC tetap akan bekerja dengan baik

2. Berkurangnya gas freon

Jika gas freon pada AC berkurang, maka AC tidak akan dingin lagi. Tekanan yang optimal untuk AC adalah 0.5 PK adalah 70 psi. Kita harus mengecek tekanan gas freon secara berkala. Namun jika gas freon berkurang dalam jumlah yang cukup banyak, ini menandakan ada kesalahan ketika pemasangan AC.

3. Fan atau kipas tidak berputar

Penyebab AC tidak dingin berikutnya adalah kipas yang tidak berputar. Gejala ini bisa kita lihat dari putaran kipas baik yang ada di indoor ataupun outdoor. Jika kipas tidak berputar seperti biasanya berarti ada kerusakan. Biasanya hal ini ditandai dengan AC menyalakan lampu berkedip atau AC akan berhenti bekerja. Jika hal ini terjadi ada baiknya kita ke retail AC dan membeli motor kipas yang baru.

4. Pemasangan yang salah

Jika Kontraktor AC memasang pendingin udara dengan baik dan benar, maka tidak akan ada kebocoran pada freon. Oleh sebab itu disarankan agar kita bisa memilih teknisi AC yang berkualitas dan memiliki skill yang baik. Agar hal-hal seperti kebocoran AC ini tidak terjadi dan tidak merugikan kita. Selain itu pemasangan AC yang tidak benar akan menyebabkan listrik menjadi lebih boros, dan biaya yang kita keluarkan akan semakin besar.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian