Kenapa AC Harus Diservis Secara Berkala?

No ratings yet.

Kenapa AC harus diservis secara berkala? Kalimat ini mungkin sering muncul di pikiran Anda yang baru saja membeli AC atau bahkan yang sudah lama menggunakan AC tapi tidak tahu mengenai hal ini. Meskipun AC menghasilkan udara, namun di dalamnya juga terdapat komponen yang berguna untuk menyaring debu dan kotoran yang biasa disebut filter.

Nah filter tersebut lama kelamaan akan kotor karena kotoran dan debu yang semakin menumpuk. Oleh karena itu perlu untuk dibersihkan. Selain itu juga karena jika tidak cepat dibersihkan akan menghambat kerja AC split untuk rumah Anda menjadi tidak bisa menghasilkan udara dingin dengan cepat.

Kotoran dan juga debu yang terdapat pada AC memang tidak secara langsung terlihat. Hal ini karena komponen penyaringnya terdapat di dalam AC. Akan tetapi saat dibuka bagian dalam AC seperti penutupnya sudah berwarna hitam dan penuh debu, maka AC memang sudah saatnya untuk dibersihkan.

Solusinya adalah dengan servis cuci AC. Service cuci AC yang biasa dilakukan adalah dengan melepas semua bagian AC satu persatu. Setelah itu mulai dibersihkan dan jika sudah cukup bersih maka akan dipasang kembali. Biasanya cara membersihkan bagian-bagian AC tersebut dengan disemprot air. Sedangkan untuk bagian yang tidak tahan air atau waterproof akan diberikan pelindung terlebih dulu dengan plastik.

Kenapa AC harus diservis secara berkala

Menyervis atau merawat AC memang sangat diperlukan untuk dilakukan secara berkala. Hal ini karena jika debu dan kotoran di dalam komponen-komponen AC dibiarkan menumpuk akan menimbulkan beberapa masalah seperti:

  1. AC menjadi tidak awet dan menjadi lebih cepat rusak.
  2. Udara yang dihasilkan AC tidak bisa dingin dengan maksimal karena alirannya tertutup debu kotoran.
  3. AC bisa saja bocor air dikarenakan terdapat lendir yang menyumbat bagian pembuangan.
  4. Daya listrik AC yang disedot akan lebih boros atau banyak karena kotoran dalam AC membuat kinerjanya menjadi lebih berat.

Dari beberapa masalah di atas, bisa disimpulkan bahwa merawat dan membersihkan AC secara rutin. Umumnya jangka waktu yang digunakan untuk menyervis AC adalah 3 bulan sekali. Hal ini juga termasuk untuk AC cassette untuk rumah Anda yang juga harus dibersihkan dan diservis secara rutin.

Akan tetapi, juga ada beberapa hal yang bisa menjadi indikator kapan Anda harus melakukan perawatan rutin. Misalnya jika AC selalu menyala 24 jam yang minimal membutuhkan 1-2 bulan sekali untuk diservis. Demikian adalah artikel mengenai kenapa AC harus diservis secara berkala untuk Anda yang sedang bingung waktu baiknya melakukan servis AC.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian