Ketahui Penyebab AC Split Panasonic Inverter Bau Serta Solusinya

No ratings yet.

AC split panasonic inverter dilengkapi dengan berbagai teknologi atau fitur yang memudahkan konsumen. Meskipun diproduksi dengan segala keunggulannya, namun AC tersebut juga bisa bermasalah sehingga udara dinginnya tak bisa dinikmati dengan baik.

Salah satu masalah AC adalah sering menghasilkan bau yang tak sedap. Bisa tercium ketika AC baru pertama kali dihidupkan. Agar hal ini tak terjadi maka jangan malas membersihkan AC. Nah, berikut ada 4 penyebab AC bau serta solusinya.

AC Split Panasonic Inverter Bau? Ketahui 4 Penyebab dan Solusinya

  1. Berada di ruang lembab

Meskipun ruangan AC terkenal dengan konsep yang tertutup namun tetap saja harus ada jendela sehingga sikrkulasi udara bisa terjadi. Sehingga saat ruangan tersebut tak digunakan dan AC tak dihidupkan, maka akan terjadi pergantian udara secara alami. Namun, dari jendela atau ventilasi tersebut bisa saja masuk debu, virus dan bakteri yang nantinya bisa menempel ke perabotan yang ada di ruangan tersebut.

Debu tersebut selanjutnya diputar oleh blower pada AC kemudian masuk ke bagian sirkulasi. Debu yang menempel inilah yang membuat bau tidak sedap. Fitur apa saja yang dimiliki AC yang dipilih bisa ditanyakan saat berada di toko AC.

Solusi untuk hal ini, selalu jaga kelembaban ruangan. Setelah jendela dibuka, ruangan segera dibersihkan menggunakan vacum cleaner. Sehingga jika ada debu yang baru masuk tidak ikut menyebabkan bau tidak sedap.

2. Tidak membersihkan unit

Meskipun banyak yang menggunakan AC namun tak semua orang memahami dengan baik cara membersihkan AC. Sehingga ada bagian indoor ataupun outdoor yang tak dibersihkan. Ada juga konsumen yang tidak mau membersihkan sebab biaya maintence jasa teknisi yang tinggi.

Padahal, sebenarnya jika AC tersebut tak benar-benar bersih, resiko yang ditimbulkan jauh lebih besar dibandingkan harga perawatannya yang murah. Berapa  jumlah dilakukan pembersihan mungkin juga bisa ditanyakan kepada distributor AC.

Solusi untuk masalah ini jangan malas membersihkan AC dan jangan pelit mengeluarkan uang untuk menggunakan jasa pembersihan dan perawatan AC. Jika tak dirawat dengan baik, udara yang dihasilkan AC bisa tidak bagus dan berbau. Pembersihan komponen outdoor ataupun indoor dilakukan 1 kali selama 6 bulan dan lebih bagus lagi jika dibersihkan 1 kali setiap 3 bulan.

3. Kebocoran freon

Freon yang bocor membuat banyaknya freon yang habis dan lebih boros. Udara yang dihasilkan tak dingin atau tak sejuk lagi serta bau udara yang tak sedap juga menjadi penyebab bocornya freon. Solusi untuk masalah ini silahkan menghubungi kontraktor AC untuk mengatasinya.

4. Asap rokok

Asap rokok tak baik untuk AC sehingga kebiasaan merokok di ruangan  ber-AC perlu dihentikan. Udara yang dihasilkan menjadi tak sehat dan berbau. Berbagai racun dalam asap rokok kemudian menempel ke perabotan ruangan dan saat AC dihidupkan, udara yang tak sedap kembali tersebar, lebih lagi jika ruangan tersebut tertutup rapat. Solusinya, hindari merokok dalam ruangan ber-AC.

Sekian artikel tentang 4 penyebab AC split panasonic inverter menghasilkan bau tak sedap dan solusinya, semoga bermanfaat.

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian