Ketahuilah Fakta AC Split Inverter Berikut Sebelum Menggunakannya

No ratings yet.

Kini banyak rumor beredar tentang  AC split inverter salah satunya kekurangan yang dimiliki dibandingkan dengan AC non inverter. AC inverter dulunya masih menggunakan Freon A410A sedangkan saat ini sudah ada inovasi terbaru yaitu menggunakan R22. Bahkan sudah hadir dengan Freon R3.

4 Fakta AC Split Inverter yang Perlu Diketahui

Berbagai rumor tentang kekurangan AC inverter dan perbandingannya dengan non inverter tersebar di masyarakat. Nah, untuk penjelasan lebih lanjut tentang AC split inverter, silahkan baca penjelasan berikut.

  1. Segi tingkat kedinginan

Konsumen yang sudah terbiasa menggunakan AC dengan Freon R22 tentu saja akan merasa kurang sejuk jika menggunakan AC inverter Freon R410A. Namun kini sudah hadir AC dengan Freon R32  di toko AC sebagai solusi bagi konsumen yang merasa kurang dingin. Hal ini juga dipengaruhi oleh penggunaan PK AC harus sesuai dengan kebutuhan atau luas ruangan yang dimiliki. AC inverter menjaga suhu ruangan lebih stabil sebab dilengkapi dengan compressor yang tidak pernah mati selama AC tersebut beroperasi. Suhu ruangan diset menggunakan remote AC untuk penyesuaian, jadi bukan AC inverternya yang kurang dingin.

  1. Lama atau tidaknya suhu dingin

AC inverter tidak memberikan kesejukan dalam waktu yang sangat lama, tentu saja ini tergantung penggunaan AC itu sendiri. Namun suhu dingin yang dihasilkan oleh AC inverter memang lebih tinggi sebab menggunakan Btu yang lebih besar. Jadi jika ingin suhunya sangat dingin maka gunakan saja AC yang dilengkapi dengan Freon R32. Bahkan akan lebih bagus lagi jika menggunakan AC yang dilengkapi dengan teknologi iAutoX. Selain itu ditambah teknologi Econavi dual sensor yang berperan membuat suhu ruangan lebih cepat merasa dingin. Setelah 20 menit maka sirip AC tersebut akan bergerak  ke atas sehingga konsumen yang berada dalam ruangan tak merasa kedinginan. Maka saat berada di toko AC, pilihlah AC yang berkualitas bagus.

  1. Perawatan mudah

AC inverter bisa dirawat dengan mudah sebab sama saja halnya dengan perawatan AC non inverter. Yaitu dibersihkan minimal 2 bulan sekali dan maksimalnya 3 bulan sekali. Jika konsumen dalam ruangan ada yang merokok atau daerah tempat tinggal berada di dekat laut, maka bisa dibersihkan 2 bulan sekali. Air yang digunakan untuk membersihkan AC tidak boleh menggunakan air tanah sebab kandungan garam yang ada dalam air tanah bisa mempercepat bagian AC  berkarat. Sehingga lebih baik menggunakan air PAM.

Selain itu, pengisian Freon di AC inverter memang lebih mahal sebab Freon pada AC inverter ialah Freon R32. Namun jika memang saat pemasangan awal, sudah benar dilakukan maka untuk selanjutnya tidak perlu melakukan isi ulang Freon. Jika ada masalah dalam penggunaan AC, silahkan hubungi kontraktor AC.

  1. Hemat energi

AC inverter lebih hemat listrik jika dilakukan pemasangan dengan benar dan tergantung juga cara penggunaannya serta merek yang digunakan. Saat pertama AC dihidupkan memang lebih banyak memakan watt listrik. Namun setelah suhu ruangan sesuai maka konsumsi watt juga akan menurun mengikuti suhu ruangan. Selain itu, banyak atau sedikitnya daya konsumsi listrik kini bisa dilakukan pengaturan suhu menggunakan remote control. Sekian artikel tentang 4 fakta tentang ac split inverter, semoga bermanfaat.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian