Kontraktor AC, HVAC dan VRV / VRF

5/5 (3)

Kami ACwahana merupakan kontraktor AC atau HVAC yang bergerak khusus dalam bidang pembangunan tata udara dan menjadi AC specialist yang dapat dipercaya baik dari sisi kepercayaan, pelayanan, dan hasil pekerjaan yang berkualitas. Kami siap membantu menjadi partner yang dapat diandalkan dalam berkonsultasi dan menangani proyek-proyek anda yang memerlukan keahlian dalam membangun sistem tata udara atau sistem HVAC yang baik.

HVAC adalah sebuah singkatan yang kepanjangannya dalam bahasa ingggris adalah “heating, ventilation, dan air-conditioning” (Bahasa Indonesia: pemanasan, ventilasi, dan ac) Kadangkala disebut sebaga tata udara. Namun kondisi iklim di Indonesia yang bersifat tropis atau tidak memiliki musim dingin, mengkondisi bangunan-bangunan di Indonesia tidak memerlukan sistem pemanasan atau heating, hanya memerlukan sistem pendinginkan ruangan dan sistem ventilasi udara.

Fungsi-fungsi ini saling berhubungan, karena mereka menentukan suhu dan kelembapan udara dalam sebuah bangunan dan juga menyediakan kontrol asap, menjaga tekanan antar ruang, dan menyediakan udara segar bagi penempat. Dalam rancangan gedung modern, rancangan, instalasi dan sistem kontrol dari fungsi ini dijadikan menjadi sistem tunggal “HVAC.

Terdapat teknologi terkini yaitu AC VRV / VRF yang merupakan pendingin udara dengan sistem Volume Refrigerant yang telah ditemukan sekitar 50 tahun yang lalu. Ide dasar pada pendingin ruangan ini adalah unit outdoor yang besar menyajikan beberapa unit yang ada di dalam ruangan. Setiap unit indoor menggunakan ekspansi cairan elektronik valve untuk mengontrol kapasitas refriferant sehingga cocok dengan permintaan kapasitas yang diinginkan.

Jadi apa itu VRV / VRF? Pendingin udara VRV / VRF ini merupakan salah satu sistem pendingin udara yang banyak digunakan hingga sekarang. Teknologinya sudah ada sejak tahun 80an dan dipakai secara lebih luas sekitar tahun 2000an. Namun sistem VRV / VRF ini tidak hanya digunakan sebagai pendingin saja, tetapi bisa digunakan sebagai pemanas juga.

Perbedaan dengan AC Split adalah pada ekpansinya. Seperti kita ketahui AC Split mempunyai ekspansi valve pada outdoornya. Sedangkan pada sistem VRV / VRF setiap indoor mempunyai expansi valve. Hal ini yang membuat sistem HVAC / VRV / VRF tidak memerlukan banyak jalur pipa dari outdoor ke indoornya, hanya butuh satu pipa saja agar sistem bisa berjalan.

Perbedaan lain dengan AC Split adalah jumlah outdoornya. Pada ac split dibutuhkan jumlah outdooor yang lebih banyak dibandingkan sistem VRV / VRF, sehingga dengan sistem VRV / VRF biaya pipa menjadi lebih murah dan ekonomis. Selanjutnya panjang pipa yang dibutuhkan oleh VRV / VRF lebih sedikit dari ac split, karena kapasitas indoornya lebih kecil juga. Connection ratio VRV / VRF sebesar 100%, yang berarti desain dari VRV / VRF ini sudah tepat. Dengan menggunakan desain yang tepat, maka jumlah outdoor tidak harus sama dengan jumlah kapasitas indoor, sehingga lebih ekonomis.

Perbedaan terakhir adalah pilihan indoor. AC split tentu memiliki pilihan indoor yang banyak, tetapi kapasitasnya tidak sebanyak VRV / VRF. Karena biasanya para produsen AC split akan memilih kapasitas yang populer. Berbeda dengan VRV / VRF, yang hanya perlu membuat indoornya saja, sementara outdoor disesuaikan dengan kapasitas sistemnya.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian