Mau AC Split LG Inverter Tetap Awet? Hindari Kesalahan Ini!

No ratings yet.

AC Split LG Inverter sudah dilengkapi dengan semua kelebihan yang dibutuhkan oleh generasi masa kini. Sayangnya, beberapa orang terkadang tidak tahu bagaimana cara mengoperasikan AC inverter LG dengan baik. Akibatnya, AC yang bisa bertahan selama bertahun-tahun menjadi rusak setelah digunakan dalam sebulan.

Berbeda dari televisi yang tidak butuh perawatan, AC lebih mirip dengan lemari es. Yang bila tidak dibersihkan akan mempengaruhi performa dan kualitas kerjanya. Belum lagi, jika ada pihak-pihak tertentu yang usil dan menggunakan AC sesukanya tanpa memperhatikan panduan penggunaan.

Hindari 4 kesalahan umum mengoperasikan AC Split LG Inverter

Banyak orang yang mengalami kerugian pasca memasang AC karena tidak tahu bagaimana cara mengoperasikannya. Untuk menghindari pembelian AC inverter terbaru, hindari beberapa kesalahan berikut ini:

  1. Pilih AC dengan PK yang tidak sesuai

Kebutuhan AC tiap orang berbeda-beda, tergantung dari jenis ruangan dan luas ruangannya. Untuk ruangan yang sangat luas kita membutuhkan AC dengan PK yang tinggi. Berbanding terbalik, bila AC rencananya akan dipasang di kamar yang sempit PK yang dibutuhkan biasanya jauh lebih rendah.

Harga AC di toko AC memang sangat beragam, umumnya makin tinggi PK makin mahal harga yang ditawarkan. Daripada memaksakan diri membeli AC inverter dengan PK rendah untuk ruangan luas, akan lebih baik kembali menabung hingga dana terkumpul.

  1. Daya listrik up and down

Penurunan daya listrik bisa terjadi kapan saja terutama jika kita masih mengandalkan listrik eksternal. Kondisi ini tentu akan mempengaruhi kinerja AC, terutama jika kita langsung menyalakan AC setelah listriknya turun. Ada baiknya jika biarkan gas Freon dan oli kompresor beristirahat baru nyalakan AC kembali. Cara ini akan mengurangi kerusakan pada Freon dan kompresor AC.

  1. Tidak memperhatikan suhu ruangan

Salah satu kesalahan paling umum yang sering kali ditemukan kontraktor AC pada AC inverter yang bermasalah adalah setingan suhu yang keliru. Alih-alih menyalakan AC langsung di suhu terendah, alangkah baiknya jika kita membiasakan diri untuk mengatur suhu di 25 derajat.

Dengan cara ini, AC akan mendinginkan ruangan secara perlahan sekaligus menjaga tiap komponen AC bekerja secara optimal. Berbanding terbalik jika suhu AC langsung dipasang di 16 derajat. Mungkin ruangan bisa lebih cepat dingin tapi komponen AC pun lebih mudah rusak karena didorong untuk bekerja lebih keras.

  1. Tidak membersihkan AC dengan teratur

Salah satu saran paling efektif yang sering diberikan oleh pihak distributor AC pada pembeli AC inverter adalah membersihkan AC dengan teratur. Meskipun mudah dan sepele, sayangnya banyak orang yang sering kali meninggalkan kebiasaan baik ini. Dan akibatnya, AC jadi mudah rusak karena tiap komponennya kotor atau mengalami kerusakan.

Itulah beberapa kesalahan yang sering kali dilakukan oleh pengguna AC Split LG Inverter. Jika ingin memiliki AC berkualitas terbaik dan tidak mudah rusak, hendaknya kurangi melakukan semua kesalahan tersebut.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian