Memahami Cara Kerja Air Conditioner Untuk Menghasilkan Kesejukan

5/5 (1)

Distributor AC Indonesia pastinya telah mendistribusikan banyak unit AC ke berbagai daerah. AC memang sudah menjadi kebutuhan wajib. Setiap tempat membutuhkan AC agar sirkulasi udara menjadi lancar dan tidak pengap. Di beberapa tempat kerja yang menyimpan banyak Unit komputer atau peralatan elektronik pasti membutuhkan AC sebagai pendingin alat sekaligus ruangan. Begitu banyak manfaat AC, lalu seperti apa sebenarnya cara kerja AC?

Mengetahui cara kerja Air Conditioner (AC)

Setelah mengetahui begitu banyak manfaat dan kegunaan dari AC, kita tentu bisa jadi penasaran dengan komponen serta cara kerja dari AC yang bisa membuat sirkulasi udara menjadi segar. Inilah beberapa bagian AC dan cara kerjanya:

  1. Bagian kompresor AC

Komponen AC yang pertama dan penting untuk diketahui adalah bagian Kompressor AC. Alat kompresor AC ini berfungsi dalam mengubah gas yang memiliki tekanan rendah menjadi gas yang memiliki tekanan tinggi. Kompresor juga membantu dalam mengubah gas menjadi cair. Ini dilakukan agar gas yang telah menjadi cair bisa kembali menyerap panas.

  1. Bagian Heat Exchanger

Bagian komponen AC yang biasa disediakan oleh kontraktor AC terpercaya adalah bagian heat exchanger. Alat ini, pada AC bisa diibaratkan sebuah pintu antara AC dan Lubang AC untuk kemudian di lepas ke udara. Di dalam tempat ini terjadi pertukaran udara. Pertukaran dari panas udara yang dalam kondisi panas menuju ke luar ruangan.

  1. Strainer

Selanjutnya kita akan berkenalan dengab alat bernama strainer. Strainer di sini berfungsi mengubah gas freon menjadi cairan setelah gas freon mengembun. Cairan selanjutnya akan masuk ke bagian strainer. Di sini cairan hanya akan ditampung secara sementara untuk kemudian masuk dalam evaporator. Beberapa kontraktor AC biasanya menyediakan AC yang dilengkapi dengan strainer ini.

  1. Evaporator

Bagian yang selanjutnya tidak kalah penting adalah evaporator. Evaporator di sini menjadi tempat penguapan dari panas yang tepah diserap menuju pada bagian permukaan evaporator. Penguapan ini menghasilkan suhu dingin. Dingin yang dihasilkan inilah yang kemudian digunakan untuk mendinginkan ruangan. Suhu ruangan akan menjadi dingin dan terasa sejuk. Sirkulasi udara akan lancar dan udara tidak akan pengap.

Itulah beberapa bagian dari AC yang perlu kita ketahui. Ini semua penting untuk dimengerti, agar jika kita melakukan service AC pada jasa service AC yang diberikan oleh pihak perusahaan kontraktor AC, kita bisa mengerti bagian mana yang mungkin bermasalah.

AC meski terlihat sederhana namun memiliki sistem yang detail dengan rangkaian komponen-komponen yang saling berkaitan dan saling membantu satu sama lainnya. Komponen tersebut yang dapat membuat suhu ruangan jadi segar dengan proses yang berurutan dalam menyaring debu, polusi dan aroma tidak sedap. Inilah mengapa pemasangan AC sangat direkomendasikan.

oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian