AC split

Memahami Pengertian dan Keunggulan AC Split

3.86/5 (14)

AC split semakin banyak diaplikasikan oleh masyarakat menyusul jenis-jenis pendingin ruangan lainnya. Air Conditioner disingkat AC atau pendingin udara tentunya sangat familiar di berbagai Negara beriklim tropis. Termasuk Indonesia yang merupakan negara tropis, AC banyak diaplikasikan mulai dari rumah, sekolah-sekolah, perguruan tinggi, kantor hingga hotel dan masih banyak lagi.

Apa itu AC Split?

Masuk dalam kategori negara tropis membuat cuaca di Indonesia menjadi cenderung panas sehingga pendingin ruangan dibutuhkan. Pengertian AC split adalah perangkat alat yang berfungsi untuk mengatur kondisi suhu pada ruangan menjadi lebih rendah dari suhu yang ada terdapat dalam lingkungan sekitar. Semua jenis atau tip Air Conditioner atau penyejuk udara akan bekerja maksimal apabila kondisi ruangan dalam keadaan rapat, tidak ada lubang ventilasi atau jendela yang terbuka. Apabila sebuah ruangan terpasang AC split namun jendela atau ventilasinya terbuka, maka komponen atau sistem kerja AC untuk mendinginkan udara tidak akan berfungsi.

Komponen penyusun dan sistem kerja AC Split

Untuk dapat menghasilkan proses sirkulasi udara yang membuat udara dalam suatu ruangan menjadi sejuk cenderung dingin, AC split memiliki beberapa komponen penyusun. Beberapa komponen tersebut antara lain:

  • Evaporator

Komponen pertama adalah evaporator. Evaporator pada ac jenis ini diproduksi dari pipa berbahan tembaga dengan panjang serta diameter yang disesuaikan. Desain evaporator sengaja dibuat berlekuk-lekuk untuk menghemat tempat dan mampu menyerap suhu panas pada udara ruangan secara efektif.

  • Filter udara

Udara yang telah melalui evaporator akan segera disaring oleh filter udara. Filter udara bekerja supaya udara hasil sirkulasi menjadi bersih dan terbebas dari polutan atau virus berbahaya.

  • Motor blower

Selanjutnya terdapat motor blower yang berfungsi sebagai sirkulator udara agar sampai ke evaporator. Motor blower juga akan mengatur capaian suhu udara seperti yang diinginkan. Pengaturan suhu dapat dilakukan pengguna ac dengan remote kotrol AC split.

  • Control panel electric dan sensor suhu

Komponen ini dapat dibilang sebagai komponen pokok karena berfungsi untuk mengatur seluruh kinerja komponen lainnya seperti blower, fan hingga timer.

  • Kondensor

Komponen yang selanjutnya adalah kondensor yang terbuat dari pipa berbahan tembaga. Komponen ini berfungsi sebagai pelepas suhu panas udara yang terbawa oleh Freon untuk dilepas menjadi udara dingin di ruangan.

Keunggulan penggunaan AC Split

Banyak sekali kelebihan AC split yang dapat dirasakan secara langsung oleh penggunanya. Pertama, ac split lebih ringkas bentuknya sehingga tidak memakan begitu banyak tempat. Sistem pemasangan ac split juga jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan ac sentral.  AC split juga jauh lebih hemat energi serta hemat biaya karena dibekali dengan teknologi yang mampu mendingingkan ruang-ruang secara terpisah. Desain pendingin ruangan ini juga sangat artistic sehingga dapat membuat tampilan ruangan menjadi lebih stylish. yang tak kalah seru, AC split selalu dilengkapi dengan remote yang dapat memudahkan untuk pengaturannya meskipun dari jarak jauh.

Setelah mengulas berbagai informasi mengenai AC wall mounted split di atas, dapat diketahui bahwa pendingin ruangan jenis ini memang sangat tepat untuk diaplikasikan di rumah-rumah hingga ke jenis bangunan besar.

oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian