Memasang AC di Rumah dengan Petunjuk dari Distributor AC

Memasang AC di Rumah dengan Petunjuk dari Distributor AC

No ratings yet.

AC merupakan barang elektronik yang banyak digunakan oleh orang-orang yang tinggal di perkotaan yang bersuhu panas. Alasannya tentu saja untuk menurunkan suhu dalam ruangan agar penghuni lebih nyaman dalam beraktifitas. Namun terkadang penggunaan AC akan membuat tagihan listrik semakin membengkak. Akibatnya kita harus membayar lebih banyak dari saat tidak menggunakan AC. Namun ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan agar tetap menggunakan AC namun hemat listrik. Dengan demikian AC dapat bekerja secara maksimal namun menggunakan listrik yang lebih hemat dari sebelumnya.

Langkah-langkah untuk Hemat Listrik dari Distributor AC

Ada beberapa hal menurut distributor resmi AC, agar AC yang kita gunakan bisa hemat listrik. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah mengetahui daya listrik rumah kita. Termasuk saat angkatan listrik pertama saat AC dinyalakan. Jika instalasi listrik kita berusia 10 tahun lebih, ada baiknya kita mencari tukang listrik yang lebih ahli untuk mengeceknya. Daya listrik untuk menghidupkan AC cukup besar, sehingga kita harus memeriksanya dengan baik.
  2. Kedua, kita harus mengetahui PK yang kita butuhkan, serta PK yang tersedia pada AC. Alangkah lebih baik jika kita memasang AC dengan PK yang sesuai. Anda bisa menanyakan perihal PK pada dealer AC ketika membelinya.
  3. Jika kita memiliki sumber dana yang cukup banyak, ada baiknya membeli AC inverter. AC inverter lebih hemat biaya jika digunakan pada rumah.
  4. Langkah berikutnya adalah jika ruangan yang akan dipasangi AC ada baiknya memiliki ventialasi, ada baiknya kita menutup ventilasi tersebut. Hal ini agar AC bisa bekerja dengan baik, karena thermostat akan mendeteksi jika ruangan sudah sesuai dengan suhu yang diinginkan.
  5. Ketika membeli di dealer AC sebaiknya kita memilih AC dengan fitur yang sehat bagi tubuh kita. Fitur tersebut seperti plasma filter, plasmacluster, dan nanoe-g.
  6. Memilih tipe dan model AC yang sesuai kebutuhan kita adalah langkah berikutnya. Kita bisa mengandalkan informasi dari teman, saudara, atau kerabat kita yang memahami mengenai jenis-jenis AC.
  7. Agar listrik menjadi lebih hemat ada baiknya kita selalu mengatur suhu diatas 22 derajat agar AC tidak bekerja terlalu keras, mengatur kipas atau fan pada posisi medium, dan mencuci filter AC setiap satu minggu sekali. Jika ingin mencuci unit indoor dan outdoor kita bisa melakukannya satu kali dalam enam bulan.

Demikianlah langkah-langkah agar AC yang kita beli di Distributor AC tetap memberikan kesejukan dan bisa hemat listrik. Ada baiknya perawatan pada AC kita lakukan secara rutin. Dan jika terjadi permasalahan sebaiknya kita menggunakan jasa teknis yang sudah terlatih dan berpengalaman.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian