3 Cara Hemat yang Sering Dilakukan Ini Justru Membuat Listrik AC Anda Boros

Membuat Listrik AC Boros – AC VRV – Air Conditioning atau yang biasa disebut dengan AC adalah benda elektronik yang sangat dibutuhkan untuk mendinginkan ruangan terutama ketika musim panas atau kemarau datang. Namun, dengan menggunakan AC dapat menyebabkan biaya listrik AC yang mahal. Untuk menghindari hal tersebut, maka banyak dari kita yang menggunakan berbagai cara untuk menghemat biaya listrik tersebut. Berikut ini adalah 3 cara hemat listrik AC yang biasa dilakukan banyak orang, yang sebenarnya justru membuat listrik AC Anda semakin boros.

Menyalakan AC bersama dengan “dehumidifier”

Ketika Anda merasa AC Anda tidak dingin, dan udara ruangan Anda terlalu panas dan lembab, maka Anda tidak akan segan-segan menyalakan dehumidifier yang berfungsi untuk menghilangkan kelembaban dalam ruangan Anda tersebut. Tetapi, taukah Anda bahwa dengan menyalakan AC bersamaan dengan dehumidifier, maka akan membuat penggunaan listrik AC Anda akan semakin besar dan boros. Untuk itu, Anda dapat menggunakan kipas angin untuk menghilangkan kelembaban pada ruangan dengan mengarahkan kipas tersebut pada dinding yang berlawanan dengan Anda. Dengan demikian, maka Anda dapat membuat sirkulasi udara lebih baik dan dingin, serta menghemat listrik tentunya. Atau Anda juga dapat menggunakan “mode” yang tersedia pada AC yang dapat menghilangkan kelembaban serta menghemat listrik AC tersebut. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat membaca artikel berikut ini.

Terus mengganti suhu AC

Banyak dari kita yang langsung menyalakan AC dan mengatur suhu AC serendah mungkin ketika masuk ke dalam ruangan agar ruangan tersebut menjadi cepat dingin. Kemudian, jika ruangan telah dingin, maka suhu AC akan dinaikkan dan disesuaikan dengan suhu tubuh. Taukah Anda, nyatanya, ketika mengatur pada suhu rendah dan kemudian menaikkannya, maka hal ini akan menyebabkan listrik AC Anda menjadi lebih boros. Untuk mengatasi hal tersebut, maka ada baiknya Anda menyalakan kipas angin terlebih dahulu sehingga udara menjadi sedikit sejuk, baru menyalakan AC.

Menyala matikan AC

Banyak sekali orang yang berpikir bahwa dengan mematikan AC saat berpergian sebentar (kurang dari 1 jam) akan membuatnya hemat listrik AC. Namun, sebenarnya cara ini justru membuat Anda menjadi lebih boros dan tidak baik untuk mesin AC itu sendiri. Hal ini pun perlu diterapkan pada kondisi jika AC tiba-tiba mati karena adanya pemadaman listrik, maka sebaiknya hindari untuk langsung menyalakan AC. Tunggu beberepa menit, baru kemudian nyalakan AC, dengan begitu kompresor pada AC bisa lebih tahan lama. Untuk informasi lebih lengkapnya dapat Anda peroleh melalui artikel ini.

Itulah beberapa cara hemat listrik AC yang biasanya dilakukan banyak orang, yang justru membuat listrik AC Anda menjadi boros. Perlu bagi Anda memperhatikan hal-hal diatas jika Anda ingin berhemat. Untuk Anda yang ingin mendapatkan AC baru dengan efisiensi dan kualitas yang tinggi, Anda dapat memperolehnya melalui ACWahana.com sebagai distributor AC dan Kontraktor AC yang berpengalaman dalam menyediakan kebutuhan pendinginan dan tata udara yang tepat dan efisien sesuai kebutuhan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *