Mengapa AC Split Duct Perlu Divakum

No ratings yet.

Sering menjadi pertanyaan untuk Anda yang menggunakan AC split duct adalah mengapa AC split duct perlu divakum? Sebelum itu perlu diperhatikan terlebih dahulu vakum itu apa. Vakum adalah sebuah proses mengeluarkan udara dan uap air yang berada di sistem pendingin atau Air Conditioner. Tujuan dari proses ini adalah untuk membersihkan sistem dari udara, debu dan juga uap air agar mesin AC tetap bekerja dengan maksimal dan juga lebih awet. Berikut adalah beberapa manfaat jika memvakum AC

Alasan mengapa AC split duct perlu divakum

  1. AC lebih awet dan tahan lama

Untuk membuat AC menjadi lebih tahan lama dan juga tetap bekerja dengan baik, salah satu caranya adalah dengan rutin membersihkannya atau melakukan vakum pada mesin. Selain itu, perawatan rutin dengan cleaning dan servis setidaknya setiap 2-3 bulan juga bisa membantu AC lebih awet dan juga tahan lama.

  1. Sistem air conditioner yang bersih dari uap air dan udara

Manfaat vakum pada pemasangan AC split selanjutnya adalah membuat sistem air conditioner agar bersih dari uap air dan juga udara. Hal ini karena jika dibiarkan saja maka, uap air dan udara tersebut akan bercampur dengan gas refrigeran dan oli. Dimana akan membuat AC menjadi cepat rusak, tidak bisa dingin dengan maksimal dan lain sebagainya.

  1. AC lebih dingin

AC yang dipasang dengan vakum akan terasa lebih dingin. Hal ini dibuktikan dengan beberapa kasus AC yang memiliki masalah kurang dingin padahal kondisinya normal. Setelah dilakukan penggantian freon dan flushing vakum hingga bersih, AC bisa berfungsi dengan baik dan udara yang dihasilkan juga lebih dingin. Hal ini membuktikan bahwa dengan dilakukannya vakum pada AC membuat kinerja sistem AC menjadi lebih maksimal.

  1. Garansi tetap terjaga

Garansi yang biasanya ada pada AC berlaku jika proses pemasangan AC tersebut melalui proses yang sesuai atau standar operasional prosedur (SOP) dari pabrik AC tersebut. Hal ini juga bisa menjadi kelebihan dari vakum AC ducting. SOP ini memberikan manfaat dimana setiap pemasangan AC harus dilakukan vakum, karena jika tidak divakum maka garansi juga tidak bisa digunakan. Oleh karena itu akan lebih baik jika saat pemasangan AC, Anda menggunakan jasa teknisi yang juga bekerja sesuai SOP.

Demikian adalah artikel mengenai mengapa AC split duct perlu divakum. Hal ini karena beberapa manfaat yang bisa didapatkan apabila melakukan vakum pada saat pemasangan AC baru di rumah Anda. Selain itu juga agar AC bisa bertahan lebih lama.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian