Mengenai Jenis-Jenis AC di Pasaran Agar Tidak Salah Beli

No ratings yet.

AC merupakan salah satu alat elektronik yang wajib ada jika suatu ruangan tersebut memiliki intensitas udara yang kurang cukup dan cenderung panas. Namun sebelum membeli AC lebih baik mengenali terlebih dahulu jenis-jenis AC di pasaran agar tidak salah pilih dan sesuai dengan kebutuhan serta dana yang dimiliki.

Mengenal jenis-jenis AC di pasaran

  1. AC Low Watt

AC ini merupakan jenis AC hemat listrik yang banyak dicari oleh orang-orang. Tentunya keuntungan yang didapatkan adalah sedikitnya pengeluaran listrik jika menggunakan AC jenis ini. Namun kekurangannya adalah jenis AC ini cenderung tidak sedingin AC yang biasanya. AC jenis ini biasanya banyak digunakan untuk ruangan kantor, ruang tamu bahkan kamar pribadi dengan ukuran ruangan yang tidak terlalu besar.

AC Low Watt ini tidak mampu mendinginkan ruangan yang terlalu besar. Hal ini dikarenakan tidak stabilnya hawa dingin yang dihasilkannya. Dibutuhkan listrik yang lebih besar untuk bisa mewujudkannya.

  1. AC Hybrid

AC jenis ini memiliki kelebihan yaitu bisa menentukan besarnya PK yang diinginkan. Selain itu AC ini tetap mengunggulkan hemat listrik dan lebih mudah dipasang. Yang menjadi kekurangannya adalah AC Hybrid tidak bisa dipasang pada ruangan yang besar dan diperuntukkan untuk ruangan yang kecil saja. Ruangan dengan ukuran yang lebih besar bisa mengakibatkan kurang maksimalnya AC bekerja dan cenderung akan memerlukan biaya yang mahal.

Anda bisa memilih jenis AC Hybrid dengan berbagai merek AC hemat listrik yang ada di pasaran untuk mendinginkan ruangan pribadi Anda. AC hemat listrik tentunya akan membantu pengguna untuk menekan biaya bulanannya.

  1. AC Standard

AC standard ini memakan listrik sampai dengan 800 watt. Meskipun memakai listrik yang banyak nyatanya masih banyak orang yang tidak mau berpindah dari AC standard ini. Kelebihan yang dimiliki dari AC ini adalah harga yang lebih ramah kantong, sensasi dingin yang cepat dirasakan serta biaya perawatan atau perbaikan yang lebih murah dibandingkan AC jenis terbaru.

Namun tentu saja AC ini juga memiliki kekurangan, antara lain: pengeluaran listrik yang lebih banyak dibandingkan AC jenis baru, apalagi ketika AC baru pertama kali dihidupkan. Hal ini akan memakan listrik yang lebih banyak lagi.

  1. AC Inverter

AC Inverter adalah inovasi terbaru dimana sebuah AC dilengkapi dengan sensor untuk mendinginkan sebuah ruangan lebih cepat. Kelebihan dari AC ini adalah stabilnya dingin yang dihasilkan, PK yang digunakan minimal 1 serta mudahnya pemasangan dari AC tersebut serta modelnya yang lebih modern dan ringkas.

Sementara itu untuk kekurangannya dari AC ini, antara lain: harga belinya cenderung lebih mahal, biaya perawatan dan servis lebih mahal, membutuhkan listrik yang lebih banyak ketika awal dihidupkan, komponen dalam AC cenderung cepat rusak.

Itulah jenis-jenis AC di pasaran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin beli AC baru.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian