Mengenal Ducting AC Menurut 4 Bahan yang Tersedia

No ratings yet.

Dari sekian banyak jenis AC, Anda tentu pernah mendengar istilah ducting AC. Bahkan menggunakan penyejuk udara tersebut untuk memenuhi kebutuhan pendinginan ruangan industri atau rumah tangga. Pengategorian AC ducting tidak hanya dilihat berdasarkan bentuknya saja tapi juga materialnya. Simak ulasan lengkapnya berikut.

Mengenal ducting AC menurut bahannya

  1. Stainless Steel

Merupakan salah satu baja terbaik yang banyak digunakan untuk membuat berbagai produk salah satunya AC ducting. Material ini memiliki mutu tinggi karena anti karat berbanding terbalik dengan besi yang mudah berkarat. Sehingga cocok diinstal di luar ruangan karena tidak akan terpengaruh oleh korosi.

AC stainless steel banyak dikembangkan oleh perusahaan elektronik ternama. Alih-alih menggunakan 100% stainless steel, beberapa perusahaan lebih suka membuat penyejuk udara dari campuran stainless steel dan material lainnya.

  1. Ducting Poly Urethene

Selain dibuat dari material baja anti karat, jenis ducting AC yang banyak diproduksi perusahaan juga menggunakan poly urethane. Material ini sangat unik karena dibuat dari busa yang telah dilapisi dengan aluminium foil. Lapisan tersebut sengaja dibuat sebagai material isolasi.

Keunggulan ducting poly urethane di antaranya material yang sangat ringan dan fleksibel. Bahan ini sangat mudah untuk dicutting, dipasang juga dibentuk. AC ducting yang terbuat dari poly urethane juga diyakini hebat meredam suara. Cocok untuk diinstal di rumah maupun di industri.

  1. Insulated Panel

Beberapa orang juga mengenalnya sebagai sandwich panel merupakan material berstruktur 3 lapis yang banyak digunakan untuk pembangunan gedung bangunan. Dalam beberapa kasus, insulated panel juga digunakan perusahaan untuk membuat AC ducting.

Keunggulan utama penyejuk udara yang dibuat dari insulated panel adalah ketahanan tinggi, tahan api dan pemakaian energi super ekonomis. Tidak heran jika banyak jasa pemasangan chiller yang menawarkan pelanggan mereka untuk membeli AC dari material ini.

Perusahaan yang menawarkan AC insulated panel juga sangat banyak karena berbagai kelebihan yang dimiliki materialnya. Anda bisa menyeleksi merek terbaik maupun menyesuaikan budget sebelum membeli produknya.

  1. Ducting Baja Lapis Seng

Merupakan AC yang dibuat dari campuran material galvanis anti karat dan mid steel. Banyak sekali kelebihan dari ducting BJLS. Selain fleksibel, AC yang dibuat dari material tersebut juga ramah cuaca.

Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi dan mutu AC, entah saat memasangnya di dalam ruangan atau luar ruangan. AC bisa bertahan dalam cuaca ekstrem dan menjalankan tugasnya dengan baik sebagai penyejuk udara.

Setelah mengenal keempat material yang sering digunakan untuk membuat AC. Mana menurut Anda material yang paling berkualitas. Selain kaya akan kelebihan, masing-masing material juga punya kekurangan.

Sebelum membeli AC pastikan Anda telah mengetahui spesifikasi lengkap dari produknya. Jangan sampai salah membeli ducting AC, apalagi jika Anda bermaksud membeli dalam jumlah banyak untuk memenuhi kebutuhan industri.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian