Menghemat Listrik AC

Life Hack untuk Menghemat Listrik AC Anda

AC VRV – Seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa hanya dengan mengganti dan menggunakan mode “Dry” tidak akan cukup untuk menghemat listrik AC Anda. Anda butuh melakukan beberapa hal berikut ini yang dapat membantu Anda menghemat listrik AC Anda.

  1. Jangan tutup AC kalau hanya keluar sebentar

Anda pasti sering kali mendengar kata “matikan AC setiap ingin berpergian agar menghemat listrik”. Namun, sebenarnya hal ini tidak berlaku apabila Anda hanya keluar sebentar. Faktanya, dengan mematikan AC dan tidak lama kemudian dinyalakan kembali hanya akan meningkatkan resiko mesin AC menjadi rusak dan boros listrik. Hal ini dikarenakan ketika membuka AC pertama kali, AC membutuhkan tenaga listrik sebesar 500-1000 watt listrik. Sangat besar, bukan?

  1. Mengatur suhu AC sesuai dengan tepat

Setiap orang memiliki suhu tubuh yang berbeda-beda. Rasa pengap dan gerah seseorang itu juga berbeda-beda tergantung dari tingkat kelembaban, sirkulasi udara, dan suhu tubuh orang tersebut. Dengan melihat suhu tubuh, kelembaban, sirkulasi udara, dan suhu tubuh Anda, maka Anda dapat menemukan suhu yang pas untuk tubuh Anda. Namun, biasanya, suhu kamar lebih baik diatur dengan memberikan jarak 5-6 derajat celcius dari suhu luar ruangan. Jika tidak, maka tidak akan baik untuk kesehatan tubuh Anda.

  1. Menggunakan mode “Auto” untuk penggunaan AC yang lebih hemat

Jikalau sebelumnya dijelaskan bahwa menggunakan mode “Dry” akan membuat AC Anda hemat listrik, maka mode “Auto” pada AC ini dapat membantu Anda lebih menghemat listrik Anda dengan mengatur suhu ruangan Anda ketika suhu ruangan Anda sudah sejuk sehingga AC tidak perlu banyak bekerja dengan keras.

  1. Menggunakan bantuan kipas angin.

Untuk mempercepat kesejukkan ruangan, Anda membutuhkan sirkulasi udara yang stabil dan hal itu dapat diperoleh dengan menggunakan kipas angin. Jika AC Anda telah diatur pada mode “Dry” atau “Auto” dan ditambah dengan bantuan kipas angin, maka AC Anda akan cepat masuk ke dalam mode “Save Energy” yang mana akan semakin menghemat listrik Anda.

  1. Pakai fungsi “overnight”

Ketika tidur, suhu tubuh akan mengalami penurunan beberapa derajat celcius. Untuk itu, Anda dapat mengaktifkan fungsi “Overnight” dan AC Anda akan secara otomatis mengatur suhu ruangan Anda. Dengan menggunakan fungsi ini, Anda dapat menghemat energi hingga 20%.

  1. Bersihkan filter AC secara berkala

Anda mungkin seringkali berpikir bahwa mencuci AC tidak diperlukan apabila AC tidak mengalami masalah. Tetapi, faktanya, Anda perlu mencuci AC, terutama filter AC Anda secara berkala untuk mencegah terjadinya masalah pada AC, seperti tidak dingin. Bahkan filter AC ini dapat Anda bersihkan sendiri dan sangat disarankan untuk dilakukan setengah bulan sekali. Dengan Anda membersihkan filter AC, maka akan membuat AC Anda tetap bersih dan sejuk. Anda pun tidak perlu memasang suhu dingin dan memaksa AC bekerja lebih keras untuk membuat ruangan Anda dingin dan sejuk. Dengan demikian, Anda pun telah lebih banyak menghemat listrik AC Anda.

Itulah beberapa cara untuk menghemat listrik AC Anda. Untuk Anda yang ingin memperoleh AC baru dengan efisiensi dan kualitas yang tinggi, Anda dapat memperolehnya melalui ACWahana.com sebagai distributor AC dan Kontraktor AC yang berpengalaman dalam menyediakan kebutuhan pendinginan dan tata udara yang tepat dan efisien sesuai kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *