Pengertian AC Cassette dan Kelebihannya

No ratings yet.

AC Cassette adalah AC yang cukup jarang kita dengar karena jenis ini lebih sering digunakan pada audio video. Tapi faktanya AC jenis ini sudah menyebar luas dan digunakan oleh banyak orang. Salah satunya seperti di hall rol atau pusat pebelanjaan seperti mall yang sudah menggunakan AC cassette karena mereka membutuhkan suplai udara dingin yang menyebar secara merata.

Bagian pada AC Cassette

AC cassette merupakan seperangkat alat yang digunakan untuk menurunkan suhu udara pada ruangan tertentu. Biasanya AC ini dipasang pada langit-langit udara. Unit indoor dari AC ini diletakkan di plafon dan outdoor-nya diletakkan cukup jauh agar tidak mengganggu distribusi aliran udara.

Pemasangan atau instalasi AC cassette ini cukup mudah dan tidak menempati ruangan yang luas. Oleh karena itu, ac ini sangat digemari oleh pelaku industri dan sering dipasang di mall serta banyak juga dipasang di gedung perkantoran. Komponen dari AC ini antara lain sensor temperatur, sensor jumlah orang yang ada di ruangan, sinyal infra red, blower, kondensor, dan yang terakhir adalah auto swing.

Kelebihan yang ada pada AC Casette

Kelebihan dari AC cassette antara lain:

  1. Jika kita membandingkan AC ini dengan jenis pendingin ruangan yang lain maka AC cassette lebih unggul. Hal ini karena instalasinya yang mudah serta ukuran ac cassette tidak terlalu besar dengan desain yang sederhana namun elegan.
  2. Dibekali dengan sensor ganda. AC cassette yang memiliki sensor ganda bisa memaksimalkan kinerjanya dalam menurunkan suhu udara di seluruh ruangan dengan cakupan yang luas. Sensor ini sendiri akan meningkatkan metode kerja pendingin udara sehingga menciptakan kesegaran yang maksimal.
  3. Terdapat kendali aliran udara. Pada proses instalasi AC cassette diarahkan agar AC ini bisa kita dikontrol dengan mudah. Sehingga penyebaran suhu udara jauh lebih merata dan cepat.
  4. Efisiensi aliran udara. Dengan kontrol yang baik, maka aliran udara dari AC ini bisa didistribusikan secara merata. Sehingga tidak ada pemborosan pada aliran udaranya. Hal ini tentu bisa menghemat daya listrik yang digunakan serta menghemat biaya pengeluaran.
  5. Dilengkapi dengan deteksi jumlah orang yang ada dalam ruangan. Sensor infrared pada AC ini bisa mendeteksi jumlah orang yang ada pada suatu ruangan yang dipasang AC cassette. Jika sensor tersebut mendeteksi jumlah orang yang lebih banyak maka suhu udara akan akan dibuat semakin dingin, demikian juga jika terdeteksi jumlah orang sedikit maka suhu udara akan dinaikkan.

Demikianlah penjelasan mengenai kelebihan serta fitur yang terdapat pada AC Cassette. Jika ingin membeli AC jenis ini kita harus mempertimbangkan fungsi serta kebutuhannya. Hal ini dilakukan agar manfaat AC jenis ini bisa kita optimalkan. Tidak lupa juga untuk melakukan perawatan sehingga AC ini bisa tahan lama.

 

oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian