Penggunaan AC

Penggunaan AC yang Baik dan Benar

Penggunaan AC – Udara yang panas membuat kita mau tidak mau menggunakan penyejuk udara (air conditioner/AC). Namun, sebanyak apapun kita menggunakan AC, tidak banyak dari kita yang memahami bagaimana cara menggunakan AC tersebut dengan baik dan benar. Padahal dengan menggunakan AC dengan baik dan benar, Anda dapat menghemat listrik bahkan berkontribusi dalam perlindungan lingkungan. Tentunya Anda menginginkan adanya penghematan listrik AC Anda, bukan? Untuk itu, perlu bagi Anda mempelajari cara menggunakan AC yang baik dan benar berikut ini agar dapat menghemat listrik AC Anda.

  1. Tutup tirai

Banyak orang tidak menyadari bahwa sebenarnya sinar matahari yang langsung menyinari ruangan dapat menyebabkan suhu ruangan naik dan membuat AC bekerja lebih keras dalam mendinginkan ruangan. Dengan bekerja lebih kerasnya AC dapat mengakibatkan konsumsi daya pun menjadi meningkat.

  1. Jangan langsung menyalakan AC

Menyalakan AC langsung setelah masuk ke dalam ruangan, tidak hanya akan membuat kompresor AC Anda cepat rusak. Tetapi juga, akan tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda. Hal ini dikarenakan tubuh memerlukan adaptasi dengan pergantian suhu dari panas menjadi dingin. Untuk itu, ada baiknya Anda menunggu sejenak baru menyalakan AC.

  1. Bersihkan Filter Udara

Membersihkan filter maupun AC sangatlah penting dan perlu untuk dilakukan secara berkala, yaitu setiap 6 bulan-1 tahun sekali. Hal ini dilakukan agar AC tetap dingin, hemat listrik, dan udara dalam ruangan tersebut pun tetap bersih dan sehat. 

  1. Tutup jendela

Dengan membuka jendela ketika AC menyala, akan membuat udara semakin lembab dan panas. Selain itu, dengan membuka jendela ketika AC menyala, akan membuat AC menjadi bekerja lebih keras karena AC akan terus berusaha mendingin ruangan sesuai dengan suhu yang telah ditetapkan.

  1. Gunakan AC sesuai kebutuhan

Kapasitas ruangan dan kapasitas daya AC yang digunakan harus sesuai. Hal ini dikarenakan jika kapasitas ruangan terlalu besar dan daya AC terlalu kecil, maka Anda akan merasa AC tidak dingin. Sebaliknya, jika kapasitas ruangan kecil dan daya AC yang besar, maka Anda akan merasa kedinginan. Dengan demikian, maka AC tidak dapat bekerja dengan baik.

  1. Atur suhu

Suhu 26 derajat adalah suhu yang paling nyaman dan aman untuk manusia. Hal ini dikarenakan tubuh manusia pada dasarnya memiliki kemampuan untuk menyesuaikan suhu tubuh, tetapi kemampuan tersebut tentunya memiliki batas. Jika Anda terlalu sering berada pada suhu luar dan suhu dalam ruangan yang berbeda terlalu jauh, maka tubuh Anda tidak dapat bertahan dan Anda pun dapat dengan mudah jatuh sakit. Suhu 26℃ ini adalah suhu dalam ruangan yang paling cocok bagi tubuh Anda dan juga yang paling membuat AC Anda hemat.

Itulah beberapa cara menggunakan AC yang baik dan benar. Dengan menggunakan AC dengan baik dan benar, maka Anda dapat menghemat listrik AC Anda dan menjaga kesehatan tubuh Anda juga. Untuk Anda yang ingin lebih menghemat listrik AC Anda, Anda dapat mengganti AC Anda dengan AC berteknologi inverter. Untuk lebih mengetahui kehebatan AC inverter ini, Anda dapat memperoleh lebih banyak informasi di artikel kami sebelumnya mengenai inverter. Sedangkan, untuk Anda yang telah memahami kehebatan AC inverter, Anda dapat langsung menjajal sendiri AC berteknologi inverter dengan ACWahana.com, sebagai distributor AC dan kontraktor AC yang berpengalaman dalam menyediakan kebutuhan pendinginan dan tata udara yang tepat dan efisien sesuai kebutuhan Anda.