Pentingnya Mengatur Lingkungan Instalasi AC FCU

No ratings yet.

Selain memperhatikan kondisi AC FCU, Anda juga wajib mempertimbangkan pengaturan lingkungannya. Karena perangkat tersebut tidak melayang di udara namun diinstal di langit-langit atau permukaan tanah. Apalagi pengaturan desain FCU yang keliru akan mempengaruhi fungsi chiller pada saat dijalankan.

Mengapa mengatur lingkungan instalasi AC FCU penting?

  1. Menyediakan cleaning room

Salah satu hal penting yang wajib dipersiapkan sebelum mengatur lingkungan instalasi chiller adalah kebersihan. Menjaga kebersihan ruang mulai dari bagian depan, belakang, bahkan kedua sisi menyamping.

Jangan sampai, mesin ditempatkan di lingkungan yang kotor. Kondisi lingkungan yang berdebu dan kotor mempengaruhi kualitas udara yang dihasilkan. Jika Anda ingin mendapatkan udara segar dan bersih, lakukan pembersihan secara menyeluruh.

  1. Pengaturan suhu

Apa itu FCU dan apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum menginstal perangkatnya? Selain menyediakan ruang yang bersih, Anda juga wajib mengatur suhu ruangan. Yang dimaksud dengan suhu ruangan adalah suhu alami yang menguap di udara.

Chiller yang diinstal di luar ruangan spesifikasinya berbeda dengan chiller dalam ruangan. Chiller yang dipasang di luar ruangan umumnya dilengkapi dengan fitur anti panas matahari, anti air hujan maupun anti angin. Sehingga perangkat tidak mengalami korosi atau terbakar.

  1. Mesin kedap suara dan tahan guncangan

Penyejuk udara yang paling disukai konsumen adalah pendingin yang mampu meredam suara dengan baik. Penting bagi industri untuk mengetahui seluk beluk chiller sebelum membeli produknya.

Selain memilih chiller yang memiliki kemampuan meredam suara terbaik, usahakan Anda juga memilih produk yang tahan guncangan. Apalagi jika industri Anda berdiri di lingkungan yang rawan gempa.

Syarat memasang AC Chiller

  1. Lokasi pemasangan yang disesuaikan

Apa tipe FCU yang paling Anda butuhkan? Alangkah bijaksananya jika Anda memilih chiller yang mampu menyesuaikan diri dengan lokasi pemasangan. Sehingga chiller bisa lebih fleksibel, tidak hanya cocok diinstal di dalam atau luar ruangan saja.

Lokasi pemasangan perangkat juga harus memenuhi standar kebutuhan ruangan. Sehingga chiller dapat mendinginkan ruangan depan, tengah maupun belakang dengan optimal.

  1. Melakukan uji tekanan udara

Syarat selanjutnya adalah pengujian tekanan udara. Proses ini memungkinkan perangkat untuk memenuhi tugasnya dengan baik terutama saat dioperasikan. Sehingga udara yang menguap ke ruangan bukanlah udara panas melainkan udara dingin.

Proses pengujian tekanan udara umumnya dilakukan dan diawasi oleh tenaga kerja terampil dan profesional di bidangnya. Perhitungan yang dilakukan menggunakan prinsip perhitungan yang telah disesuaikan.

  1. Instalasi Pipa

Dan terakhir adalah instalasi pipa. Pipa yang digunakan harus disesuaikan dengan kebutuhan chiller, baik itu diameter maupun kepanjangannya. Sehingga proses penyambungan pipa bisa berjalan lancar.

Demikianlah informasi menarik seputar instalasi lingkungan AC chiller. Nyatanya, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan oleh industri sebelum benar-benar memasang unit chiller di sebuah ruangan. Pertimbangan dan penyesuaian lingkungan AC FCU membuat udara yang dihembuskan keluar lebih optimal dan dingin.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian