Penyebab AC Bekerja Terlalu Keras

No ratings yet.

Cuaca yang panas memang sangat mengganggu aktivitas kita, oleh sebab itu banyak masyarakat yang memasang AC. Namun, terkadang orang-orang kurang memperhatikan dampak dari pendingin udara yang bekeja terus menerus, bahkan ada yang hingga 24 jam sehari. Hal ini tentu akan membuat tagihan listrik kita membengkak, dan akan menyesal jika nanti ada biaya pengeluaran yang tak terduga. Oleh sebab itu ketika cuaca panas kita harus mengetahui penyebab AC bekerja terlalu keras.

Gangguan Komponen AC yang Menyebabkan AC Bekerja Keras

Beberapa penyebab AC bekerja terlalu keras antara lain:

  1. Ukuran dan instalasi yang tidak tepat

Unit AC yang kita pasang harus menyesuaikan dengan kebutuhan ruangan kita. Jika ruangan di rumah kita besar ada baiknya kita memasang AC yang besar dan begitu juga sebaliknya. Oleh sebab itu sebelum membeli AC kita harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dealer AC. Ada penyebab ukuran instalasi menyebabkan AC bekerja keras ialah karena unit yang terlalu kecil atau terlalu besar. Jika unit AC sentral terlalu kecil maka AC akan bekerja terlalu keras dalam mendinginkan ruangan. Karena jika AC diletakkan dalam ruangan yang luas maka akan membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan pendinginan. Namun jika unit AC sentral terlalu besar hal ini akan menyebabkan biaya listrik yang lebih mahal lagi.

2. Perawatan pada filter

Jika AC kita sudah cukup lama tidak dibersihkan, maka ada kemungkinan filter pada AC sudah kotor. Filter yang kotor tersebut akan menghambat saluran udara, dan menyebabkan AC bekerja terlalu keras. Terlebih jika ditambah dengan unit AC yang kecil, udara yang terhambat justru akan membuat kinerja AC semakin berat lagi.

3. Kondensor yang kotor

Kumparan pada kondensor perlu dibersihkan karena sering ditemukan kotoran yang berasal dari luar. Kita bisa melakukan perawatan dengan cara menyemprot kondensor tersebut. Tetapi akan lebih baik lagi jika kita memanggil teknisi AC saja.

4. Termostat tidak bekerja

Thermostat berfungsi untuk mengetahui suhu udara di ruangan yang dipasangi AC. Jika komponen ini rusak, maka AC akan terus bekerja karena tidak tahu berapa suhu ruangan. Untuk itu lebih baik kita membeli AC di distributor AC resmi yang menyediakan AC dengan kualitas terbaik, bergaransi, dan pelayanannya yang ramah.

5. Kumparan AC yang kotor

Kotoran berupa rumput, serangga, atau bulu hewan yang terdapat di dalam coils AC akan menyebabkan AC bekerja keras. Untuk perbaikan pada komponen ini kita harus memanggil teknis AC untuk melakukan pemeriksaan. Kumparan atau coils ini perlu kita bersihkan agar AC bisa bekerja dengan baik.

6. Unit AC yang sudah tua

Barang elektronik semacam AC juga memiliki umur, untuk memperpanjang kinerja AC bisa kita lakukan dengan cara maintenance. Namun apabila usia AC kita sudah sangat lama, hal ini menyebabkan AC akan bekerja keras. Karena komponennya yang sudah tua. Oleh sebab itu disarankan untuk menggantinya dengan yang baru dan membeli AC di distributor AC resmi.

 

Oleh: acwahana.com

 

Berikan Penilaian