Penyebab AC Kurang Freon Menurut Kontraktor AC

4/5 (1)

Secara umum AC atau pendingin udara merupakan rangkaian mesin yang memiliki fungsi secara khusus sebagai pendingin udara. Kinerja pendingin udara tersebut akan berlangsung di ruangan atau di sekitar tempat AC dipasang. Suhu udara bisa diatur sesuai yang diinginkan oleh pengguna hal ini bergantung pada kebutuhan serta luas ruangannya.

Pendingin udara biasanya menggunakan refrigerant sebagai bahan yang disrikulasikan. Alasan bahan ini yang dipilih karena bahan ini mudah menguap dan bentuknya cepat berubah dari cairan menjadi gas. Sehingga sirkulasi udara dingin yang dihasilkan oleh AC bisa berjalan dengan baik berkat komponen AC yang bekerja dengan baik.

Penyebab dan Perbaikan AC yang kurang Freon oleh Kontraktor AC

Namun kadang kala AC tidak berfungsi dengan baik karena ada komponen yang tidak berfungsi, salah satunya adalah freon. AC yang kekurangan freon pasti akan membuat suhu udara yang disirkulasikan tidak lagi terasa dingin. Beberapa hal yang menyebabkan AC kekurangan Freon antara lain:

  1. Evaporator pada unit indoor mengalami kebocoran

AC spesialis mengatakan bahwa salah satu penyebab freon AC kurang adalah adanya kebocoran pada evaporataor. Salah satu hal yang menyebabkan evaporator menjadi bocor adalah evaporator sudah tidak layak pakai dan berkarat. Ciri lainnya yang menandakan kebocoran pada evaporator adalah jika diraba maka akan tampak minyak dan oli pada sekeliling evaporator. Langkah awal untuk perbaikan biasanya dengan pengelasan pada titik kebocoran.

2. Kebocoran pada kondensor unit outdoor

Seperti halnya evaporator pada unit indoor, unit outdoor pada AC pun bisa mengalami kebocoran biasanya pada kondensor pipa. Kebocoran pada komponen ini menjadi salah satu penyebab AC kekurangan freon. Ciri dan kebocorannya biasa terjadi pada bagian pipa yang sedikit berminyak. Pada retail AC biasanya menyarankan untuk melakukan pengelasan pada bagian pipa kondensor yang bocor.

3. Kebocoran pada pipa AC

Bocor yang terjadi pada bagian pipa AC biasanya disebabkan karena pipa tersebut sudah lama terpakai dan tidak layak lagi untuk digunakan. Ciri-ciri pipa AC yang bocor adalah kondisi pipa seperti memiliki bercak hitam dan terasa seperti berminyak. Proses penanganan pipa yang bocor biasanya dilakukan dengan cara mengganti pipa tersebut. Pengelasan pipa dengan cara penyambungan kurang disarankan, ada baiknya kita melakukan pengelasan tanpa penyambungan.

4. Bocornya neuple sambungan pipa

Kebocoran pada bagian ini biasanya terjadi karena pemasangan yang kurang tepat, sehingga berakibat pada pengembangan pipa yang pecah atau neuple itu sendiri yang pecah. Jika neuple yang pecah ada baiknya kita mengganti dengan yang baru. Jika hanya kendur, lebih baik kita memanggil Kontraktor AC untuk melakukan perbaikan. Tetapi pastikan teknisi yang kita panggil memiliki skill dan paham akan permasalahan pada AC kita agar dapat memperbaikinya.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian