Penyebab AC Rumah Sering Bocor dan Solusinya

No ratings yet.

Barang elektronik juga membutuhkan perawatan, seperti misalnya AC yang harus rutin kita jaga. Ada banyak sekali permasalahan yang bisa terjadi pada pendingin udara yang kurang mendapatkan perawatan. Biasanya permasalahan pada AC muncul ketika sudah dalam pemakaian yang cukup lama. Salah satunya adalah kebocoran pada unit indoor AC. AC yang mengalami kebocoran biasanya bisa kita lihat dari adanya tetesan air yang muncul dari unit indoor AC pada saat kita nyalakan. Hal ini tentu saja sangat mengganggu kenyamanan kita dan harus segera kita bawa ke AC spesialis untuk diperbaiki.

Penyebab bocornya AC menurut Kontraktor AC:

  1. AC yang bocor biasanya terjadi karena ada kotoran dalam saluran pembuangan, sehingga sisa evaporasi air keluar dari unit indoor. Hal ini karena biasanya kita jarang melakukan manintenance pada komponen ini, sehingga sering mengalami gangguan.
  2. AC juga tidak vacum pada saat instalasi. Karena vacum pada AC berfungsi untuk membuang udara yang ada dalam kompresor. Jika masih terdapat udara yang tersisa dari kompresor maka pipa akan berjamur.
  3. Penyebab AC yang bocor berikutnya adalah adanya kerusakan pada selang akibat digigit tikus.
  4. Kesalahan pemasangan AC juga bisa menjadi penyebab AC mengalami kebocoran. Pemasangan pipa drain yang kurang tepat akan mengakibatkan air pembuangan mengalami kebocoran.
  5. Ketika selesai melakukan pembersihan pada AC, sebaiknya kita memasang AC pada posisi yang lurus. Jika posisinya miring AC dipastikan akan mengalami kebocoran. Selain itu pada saat pemasangan, kita harus memastikan kepada teknisi bahwa pipa drain AC terpasang dengan baik.

Solusi AC yang Bocor

Menurut retail AC, salah satu langkah pencegahan dan perbaikan AC yang bocor adalah dengan rutin melakukan perawatan. Selain itu ketika melakukan pemasangan AC, sebaiknya dilakukan oleh seorang teknis yang profesional dan terpercaya. Hal ini penting agar pemasangan dapat dilakukan dengan benar sehingga menghindari kebocoran pada saat pemasangan.

Untuk memilih AC sebaiknya kita mengetahui kebutuhan PK ruangan kita. Karena AC akan dipengaruhi oleh luas ruangan kita. Jika terlalu besar dengan PK kecil maka AC akan terbebani dan bekerja terlalu keras, dan begitu juga sebaliknya. Ada baiknya kita tidak menyalakan AC jika ruangan tidak tertutup rapat karena bisa membuat AC bekerja terlalu keras. Mengatur suhu udara tidak sampai dibawah 18 derajat celcius. Hal ini akan menyebabkan AC cepat rusak dan cepat panas.

Semua kebiasaan buruk tersebut akan menyebabkan AC semakin rentan terhadap kebocoran sehingga sebisa mungkin harus dihindari. Ada baiknya jika memang sudah terjadi permasalahan pada AC kita bertanya pada kontraktor AC yang berpengalaman dalam menangani AC yang bocor agar dapat ditangani secara tepat untuk menghindari kebocoran.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian