Penyebab AC Split LG Inverter Susah Diremote, Anda Wajib Tahu

No ratings yet.

AC split LG inverter merupakan jenis AC yang menjadi idaman banyak orang. Hal ini dikarenakan AC split mampu mengoptimalkan kerja hemat listrik hingga 70 persen. Namun banyak orang yang sering mengabaikan penyebab AC split inverter susah untuk diremote sehingga membiarkannya begitu saja tanpa diperbaiki.

Penyebab AC Split LG Inverter Susah Diremote

  1. Baterai remote habis

Jangan berpikir terlalu keras dulu dalam mencari masalah mengapa remote Anda tidak bisa digunakan untuk menyalakan AC. Beberapa orang biasanya langsung mengecek kondisi mesin mereka dan melupakan bahwa masalah utamanya justru pada remotenya.

Cobalah cek keadaan baterai yang terdapat pada remote Anda, mungkin saja memang sudah waktunya untuk diganti dengan yang baru. Keberadaan baterai pada remote AC sangat penting, fungsi utamanya untuk menyalakan layar remote dan juga membantu menghubungkan sensor yang ada di-remote dengan sensor yang berada di unit indoor.

Cara mengetahui apakah baterai di dalam remote ini masih berisi daya atau tidak adalah dengan melihat layar pada remote apakah mulai redup atau bahkan tidak menunjukkan sebagaimana layar remote biasanya. Di saat itulah Anda perlu menggantinya dengan yang baru dengan membeli baterai remote AC di toko AC terdekat.

  1. Kerusakan dalam remote

Jika ternyata setelah diganti dengan baterai yang baru ternyata remote masih tidak berfungsi seperti biasanya maka cobalah mengecek kondisi remote Anda. Masalah yang biasanya muncul pada remote adalah sensor infrared yang ada pada remote sudah tidak mampu untuk menghubungkan ke sensor yang di unit indoor.

Anda bisa memperbaikinya dengan menggunakan jasa teknisi namun jika kerusakan sudah parah, maka bisa membeli remote yang baru di beberapa distributor AC dengan harga yang lebih murah. Biasanya remote yang orisinal memang sangat susah ditemukan atau memiliki harga yang sangat mahal. Maka dari itu bisa memilih remote yang universal dan sesuai dengan AC yang dipasang, pastinya dengan harga yang lebih murah.

  1. Sensor AC yang tidak responsif

Sudah selesai mengecek kondisi remote beserta baterai yang ada di dalamnya ternyata semuanya baik-baik saja, barulah Anda mengecek ke dalam AC-nya. Hal yang umum terjadi adalah melemahnya sensor AC atau sudah tidak responsif lagi. Faktor yang menjadi penyebabnya adalah lamanya intensitas pemakaian dan cara menghidupkan serta mematikan AC.

Hindari menghidupkan dan menyalakan AC secara cepat karena hal ini bisa membuat sensor konslet. Jika sensor sudah melemah maka bisa menggantinya dengan yang baru. Beberapa kontraktor AC menyediakan sensor yang dibutuhkan untuk AC Anda.

Itulah beberapa penyebab AC split LG Inverter susah untuk diremote yang Anda wajib ketahui. Semoga bermanfaat dan bisa mengatasi masalah AC yang Anda pasang.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian