Penyebab AC Tidak Mendinginkan Ruangan Secara Optimal

No ratings yet.

Distributor AC berperan sangat penting terhadap proses penjualan AC di Indonesia. Tanpa hadirnya distributor, konsumen tidak akan pernah bisa membeli AC model terbaru yang diinginkannya sejak lama. Sebagai pihak kedua, distributor bekerja untuk memperkenalkan produk dan menawarkan produk pada konsumen. Sebelum produk berada di tangan konsumen, distributor akan melakukan pekerjaan mereka terlebih dahulu.

Peran Distributor AC Bagi Konsumen Indonesia

Bila proses distribusinya berjalan dengan lancar, maka produk bisa laris di pasaran. Lancar atau tidaknya proses distribusi menjadi tanggung jawab dari distributor. Di Indonesia, distributor resmi AC dibagi dalam beberapa kelompok. Biasanya mereka akan menawarkan produk secara berkala ke agen bahkan ke pusat perbelanjaan. Tiap brand umumnya memiliki team marketing atau distributor sendiri. Agar produk laris di pasaran, distributor akan membuat strategi marketing jitu.

Itulah pekerjaan atau fungsi utama dari distributor elektronik AC di Indonesia dan mancanegara. Lantas bagaimaan jika ada keluhan yang berkaitan dengan performa AC? Termasuk hembusan AC yang relatih lemah? Problem tidak menyenangkan seperti ini bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada pengguna AC rumah tangga dan gedung bertingkat. Sebenarnya cara mengatasinya masih bisa dilakukan secara mandiri tanpa bantuan teknisi AC ahli.

Penyebab AC Tidak Mendinginkan Ruangan Secara Optimal

Sebelum mengatasi problem hembusan AC yang lemah, pengguna setidaknya harus memahami apa saja penyebab dari kondisi tersebut. Berikut ini penyebab utama AC tidak mampu mendinginkan udara secara optimal:

1. Settingan Speed Kipas AC yang Kurang Tepat

Mengganti settingan speed kipas AC bisa jadi penyebab AC tidak mampu mendinginkan ruangan dengan baik. Apalagi jika pengguna memasangnya terlalu rendah. Sebelum menghubungi teknisi AC, ada baiknya jika pengguna melihat pengaturannya lebih dahulu. Bila memang disebabkan karena hal ini, pengguna bisa mengatasinya secara mandiri dan menghemat pengeluaran service.

2. Evaporator Kotor

Saat membeli produk dari dealer AC semua komponen berada dalam kondisi sempurna, termasuk evaporator. Namun karena penggunaan sehari-hari, evaporator yang ada pada bagian indoor unit mulai dihinggapi banyak debu dan kotoran. Padahal teknisnya, kondisi ini bisa menyebabkan fan AC tidak mampu berputar secara optimal. Untuk mengatasi masalah ini, cukup bersihkan evaporator bahkan bila memungkinkan bersihkanlah seluruh komponen AC yang kotor.

3. Baling-baling Kipas Berdebu dan Penuh Kotoran

Kasus ini hampir sama seperti kasus sebelumnya, di mana bagian baling-baling kipas AC tampak coklat atau hitam karena tumpukan debu dan kotoran. Masalah ini bisa diatasi secara mandiri tapi bila tidak sempat, pengguna bisa meminta bantuan teknisi profesional.

Itulah informasi menarik mengenai distributor AC di Indonesia serta tips singkat mengatasi hembusan AC yang tidak optimal. Saat membeli AC di distributor, pastikan lakukan pengecekan pada tiap komponennya dengan baik. Sehingga problem seperti ini tidak terjadi untuk kali kedua atau yang ketiga kalinya.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian