Penyebab dan Cara Mengatasi AC Suspended Inverter Bocor

No ratings yet.

AC Suspended Inverter sering bocor lalu meneteskan banyak air di lantai, hal ini tentunya membuat kita merasa tidak nyaman. Apalagi jika banyak anak yang sering bermain dan berlari di sekitar AC. Jika mereka tidak berhati-hati, bisa kapan saja jatuh dan terluka.

Sebelum mencari tahu solusi mengatasi AC bocor, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mengetahui penyebabnya. Karena beda penyebab beda pula cara menyelesaikannya. Ketika sudah tahu penyebab kebocoran, kita bisa segera memperbaiki sendiri atau meminta bantuan teknisi untuk membenarkannya.

Penyebab dan cara mengatasi AC Suspended Inverter yang bocor

Saat bermaksud memasang AC di rumah secara tidak langsung kita harus siap dengan berbagai kemungkinan kerusakan AC. Berikut ini penyebab dan cara tepat memperbaiki kebocoran pada AC:

  1. Talang belakang mampet

Indoor AC bisa menjadi penyebab AC mengalami kebocoran terutama jika bagian talang belakangnya yang mampet. Hal ini terjadi akibat kotoran dan debu yang tidak rutin dibersihkan sehingga menyebabkan penyumbatan pada saluran pembuangan.

Solusi terbaik mengatasinya selain membawa ke kontraktor AC adalah dengan membersihkan bagian yang kotor. Meskipun cukup sulit, tapi kita harus melakukannya jika ingin AC kembali bekerja secara optimal.

  1. AC dipasang dalam posisi yang salah

Di awal kita mengira jika pemasangan AC tidak perlu memperhatikan keindahan. Mau miring atau tidak, asal AC bisa bekerja dengan baik maka biarkan saja. Padahal penempatan AC bisa sangat mempengaruhi kualitasnya.

Mengatasi AC yang bocor karena dipasang dengan posisi keliru, cukup dengan mengatur kembali kemiringan AC-nya. Jangan lupa pula untuk membuka chasing AC saat proses perakitan ulang dilakukan.

  1. Terdapat celah tersembunyi

Teknisi yang dari toko AC datang untuk memasang AC, maka pastikan jika cara kerja mereka baik. Jangan sampai ada sedikit saja celah tersembunyi yang bisa memicu kebocoran AC di kemudian hari.

Pada beberapa kasus, kondensasi adalah bagian yang sering kali meneteskan air. Bagian ini memang sangat tersembunyi, kita bahkan tidak bisa melihatnya dengan mudah tanpa memakai senter. Solusi mengatasi permasalahan kebocoran AC akibat celah tersembunyi adalah dengan menghilangkan celahnya. Cukup hubungi teknisi profesional untuk membantu proses ini.

  1. Kondensasi pipa

Distributor AC tugas pokoknya adalah memasarkan produk, tapi bila dibutuhkan mereka juga menyediakan jasa teknisi AC. Jadi ketika AC bocor karena kondensasi pipa maka segera hubungi distributor yang terpercaya.

Kondensasi pipa terjadi karena perbedaan suhu yang sangat mencolok yang kemudian menyebabkan AC menjadi bocor. Cara mengatasinya yakni dengan mengganti pembungkus pipa. Memasang pipa baru akan memperbaiki kualitas kerja AC dan menghindari tetesan air yang mengganggu.

Itulah beberapa penyebab AC Suspended Inverter mengalami kebocoran. Jika AC masih sering bocor, bisa jadi karena kita keliru mengatasinya.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian