Penyebab dan Perbaikan AC Cassette Daikin Inverter yang Bocor

No ratings yet.

AC Cassette Daikin Inverter bertanggung jawab secara penuh untuk menggantikan peran penting kipas angin. Berbeda dari kipas angin yang cara kerjanya kurang merata, AC mendinginkan AC ke semua sisi ruangan. Mau di bagian tengah, pojok kiri atau kanan semuanya dingin berkat AC.

Sayangnya, instalasi AC memiliki satu kelemahan yakni kebocoran. Bila tidak dipasang degan baik lalu dirawat secara rutin, AC bisa bocor kapan saja. Akibatnya, area instalasi AC akan menjadi becek. Dan akan sangat berbahaya bila area becek teraliri dengan arus listrik.

Alasan AC Cassette Daikin Inverter bocor dan solusi mengatasinya

Teknologi memang memiliki berbagai kelemahan di beberapa sisi, tapi produsen telah menyiapkan solusi untuk mengatasinya. Jadi jika AC di kantor atau rumah bocor jangan panik, lakukan cara ini untuk mengatasinya:

  1. Install AC di area yang salah

Banyak konsumen yang sering bertanya pada distributor AC tentang tempat atau lokasi ideal untuk memasang AC di rumah atau kantor. Idealnya, AC di-install ke arah luar atau ke belakang. Dengan demikian, air bisa mengalir dengan lebih mudah menuju tempat pembuangan.

Jika salah satu alasan AC bocor karena tempat instalasi yang keliru, maka atasi dengan memindahkan letak posisinya. Jika tidak dapat melakukannya seorang diri, cukup panggil teknisi untuk membantu membetulkan posisinya. Jangan lewatkan pula detail pemasangan pipa drain.

  1. Pipa AC mulai aus bahkan rusak

Ketika kontraktor AC menemukan kerusakan di pipa AC hal pertama yang akan mereka sarankan adalah pergantian bungkus pipanya. Sama seperti komponen AC lainnya, pipa AC juga bisa rusak seiring dimakan usia. Maka dari itu, saat membawa AC ke teknisi minta mereka untuk turut memeriksa pipa AC. Atau cukup periksa sendiri saat waktunya membersihkan AC.

  1. Jarang merawat dan membersihkan AC

Menumpuknya debu di bagian dalam maupun luar AC merupakan penyebab AC baru dari toko AC bocor. Debu yang dibiarkan menebal di bagian outdoor dan indoor AC akan menyebabkan saluran pembuangan air tidak lancar.

Bila dibiarkan terus menerus, maka air akan mulai keluar dari lubang lain kemudian membasahi area di bawah AC. Solusi mengatasi AC bocor akibat debu dan kotoran adalah membersihkannya. Bersihkan dengan seksama semua bagiannya dan jangan biarkan ada satu bagian pun yang terlewatkan.

  1. Lupa melakukan vakum ketika diinstalasi

Meskipun tampak mudah, pada dasarnya proses instalasi AC itu sangat kompleks. Satu bagian terlewati seperti lupa melakukan vakum saja bisa menyebabkan AC bocor. Vakum saat instalasi bertujuan untuk mengeluarkan udara yang terdapat di kompresor AC.

Bila udara tersebut tidak dikeluarkan, maka siap-siap saja untuk mengganti pipa AC dengan yang baru. Karena pipa AC Cassette Daikin Inverter yang berkarat. Meskipun rasanya canggung saat terus menerus mengawasi kinerja teknisi saat instalasi AC. Untuk kebaikan di masa depan, jangan lupa mengawasi dan terus bertanya pada mereka jika masih bingung.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian