Penyebab Listrik Turun Setelah Menyalakan AC dan Cara Mengatasinya

No ratings yet.

Kontraktor AC hadir ke tengah-tengah konsumen demi memenuhi kebutuhan instalasi dan service AC. Mayoritas pengguna AC di Indonesia menggunakan jasa kontraktor daripada melakukan instalasi dan perawatan sendiri. Hal ini dilakukan karena lebih efisien dan cepat.

Dan salah satu problem utama yang paling sering dikeluhkan oleh konsumen AC pada kontraktor adalah listrik turun sesaat setelah AC dinyalakan. Problem ini tentunya membuat pengguna AC merasa tidak nyaman karena tidak bisa menggunakan AC dengan bebas.

Penyebab listrik turun setelah menyalakan AC

Beberapa orang sering kali merasa kecewa saat AC-nya tidak bisa dioperasionalkan seperti biasanya. Sebelum pergi ke jasa kontraktor, cari tahu lebih dahulu penyebab listrik turun karena menyalakan AC berikut ini:

  1. Kapasitor lemah membuat listrik mengalami konsleting

Salah satu penyebab listrik turun akibat menyalakan AC tidak lain karena kapasitornya lemah sehingga mengakibatkan korsleting listrik. Kapasitor berfungsi sebagai tempat penyimpanan arus listrik yang bekerja secara aktif demi menjalankan mesin kompresor. Sebelum pergi ke tempat AC spesialis, pengguna bisa melakukan penggantian kapasitornya terlebih dahulu.

  1. Kabel Terkelupas

Ada banyak penyebab kabel terkelupas, entah karena gigitan tikus atau usianya yang sudah terlalu tua. Problem ini bisa dialami oleh siapa saja, termasuk yang tengah melakukan penyambungan kabel instalasi AC. Atasi masalah ini segera dengan memeriksa kondisi kabelnya. Jika kabelnya sudah tidak berada dalam kondisi bagus sebaiknya kabel diganti dengan yang baru.

  1. Daya Listrik Rendah

Penyebab listrik turun yang banyak tidak disadari oleh pengguna AC adalah daya listrik rendah. Agar tidak terjadi di kemudian hari, pengguna dianjurkan untuk memilih AC dengan kapasitas listrik yang sesuai saat beli di retail AC.

Bagaimana peran kontraktor AC untuk mengatasi problem ini?

Peran kontraktor tentunya sangat dibutuhkan, terutama jika penyebab listrik turun tidak bisa ditemukan oleh pengguna sendiri. Selain tiga penyebab di atas, sebenarnya masih ada penyebab lain listrik turun saat menyalakan AC seperti:

  • Daya ampera pada mesin kompresor sangat tinggi bahkan melampaui batas optimal
  • Ampera yang ada pada panel MCB listrik kapasitasnya terlalu minim
  • Ampera pada panel MCB listrik kondisinya sudah tidak baik atau sudah terlalu lemah

Membeli AC merupakan kebutuhan, banyak orang yang lebih memilih memasang satu unit AC di rumah daripada membeli barang elektronik lainnya. Karena beda dari negara-negara di Eropa, Indonesia memiliki musim panas yang sangat panjang.

Demikian informasi menarik tentang penyebab listrik turun sesaat setelah pengguna menyalakan penyejuk udara. Dan hubungannya dengan kontraktor AC profesional. Agar AC tidak mengalami problem secara berulang, pastikan lakukan perawatan secara teratur. Minimalnya, AC perlu diperiksa satu kali dalam 30 hari.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian