Penyebab Teknis Listrik Turun Saat Menyalakan AC Split Toshiba Inverter

No ratings yet.

AC Split Toshiba Inverter memang efektif untuk mendinginkan udara panas di ruangan dengan ekstra cepat. Karena AC ini dilengkapi fitur unggulan yang hanya dimiliki AC kelas atas. Tapi, bila diopersikan dengan tidak benar AC bisa menyebabkan listrik turun dengan cepat.

Teknisnya, penyebab utama listrik turun pasca menyalakan AC adalah kualitas salah satu komponen AC yang menurun bahkan abnormal. Bagian paling rentan adalah seluruh outdoor unit AC. Jika tidak ingin hal ini terjadi, sangat dianjurkan bagi pemilik AC untuk rutin melakukan perawatan.

Penyebab teknis listrik turun saat menyalakan AC split Toshiba inverter

Mereka yang mengalami listrik turun pasca menyalakan AC umumnya tidak tahu apa penyebabnya. Maka dari itu, simak baik-baik beberapa penyebabnya di bawah ini:

  1. Ampere panel MCB listrik lemah

Saat membeli AC di distributor AC, pernahkah kita berpikir untuk mengetahui berapa MCB listrik yang dibutuhkan? Untuk memungkinkan listrik mampu mengover semua alat elektronik yang ingin digunakan di rumah atau kantor. Usahakan agar besaran panel MCB listriknya besar.

Jika kondisi tidak menyenangkan ini sudah terlanjur terjadi, maka solusi utama yang ditawarkan adalah mengganti MCB yang nilai amperenya lebih tinggi. Tapi tidak menutup kemungkinan juga jika listrik turun disebabkan oleh kondisi panel MCB listrik yang sudah rusak.

  1. Ampere mesin kompresor disetting melebihi batas

Sebagai konsumen toko AC hal pertama yang kita lakukan ketika membeli AC adalah memilih produk yang terbaik. Faktanya, tidak semua orang tahu dengan baik istilah ampere mesin kompresor. Padahal sebelum membeli AC, kita juga harus memperhatikan nilai ampere mesin kompresornya.

Karena ketika kita menggunakan kompresor yang nilainya tidak seimbang atau terlalu lemah secara otomatis akan menyebabkan listrik turun karena tidak kuat. Penggantian ampere mesin kompresor adalah cara terbaik mengatasi masalah ini.

  1. Kabel AC yang terkelupas

Banyak kasus kabel AC terkelupas yang ditemukan oleh kontraktor AC ketika menyambangi rumah pelanggan yang mengeluhkan listrik turun. Faktanya, kabel AC yang terkelupas entah karena kondisi yang buruk atau gigitan tikus bisa menyebabkan listrik turun.  Solusi paling cepat adalah mengganti kabel dengan yang baru dan lebih berkualitas.

  1. Daya listrik tidak mampu mengakomodasi kebutuhan listrik AC

Penyebab paling utama tapi sering kali dilupakan oleh pengguna. Ada dua solusi yang biasanya ditawarkan oleh teknisi, yakni menambah daya listrik atau justru mengurangi penggunaan listrik.

Konsumen hanya perlu memilih salah satu solusi, jika ingin mengurangi tagihan listrik memang jauh lebih mudah jika tidak menggunakan barang elektronik secara bersamaan. Matikan televisi atau radio jika tidak dibutuhkan.

Cara ini memang kurang efektif karena artinya kita harus pintar-pintar memilah memilih barang elektronik yang harus dihidupkan dan dimatikan. Tapi demi menggunakan AC Split Toshiba Inverter rasanya cukup sepadan bila mengurangi penggunaan televisi di rumah.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian