Peralatan Teknisi AC Profesional yang Wajib Dimiliki Kontraktor AC

No ratings yet.

Perusahaan kontraktor AC yang semakin banyak tersedia di berbagai wilayah tidak hanya melayani pengadaan produk pendingin ruangan berbagai tipe dan jenis saja. Namun pihak ini juga menyediakan layanan instalasi profesional serta proses perawatan Air Conditioner. Perusahaan ini menjadi ladang pekerjaan yang tepat bagi masyarakat yang memang memiliki keahlian sebagai teknisi.

Peralatan yang perlu dimiliki teknisi kontraktor AC

Hampir seluruh masyarakat mengaplikasikan pendingin ruangan atau AC bekerjasama dengan kontraktor AC untuk pengadaan serta instalasinya. Namun tidak jarang masyarakat yang memanggil teknisi AC mandiri untuk menangani masalah yag terjadi pada AC-nya. Untuk menjadi seorang teknisi AC professional, miliki beberapa peratalan berikut:

  • Alat pencuci AC

AC yang baik dan kinerjanya maksimal jika kebersihannya selalu terjaga. Tidak jarang para konsumen yang memanggil teknisi AC hanya untuk memastikan atau melakukan pembersihan pada pendingin udara mereka secara berkala. Untuk melakukan proses pembersihan secara maksimal dan profesional seperti teknisi distributor AC, terdapat beberapa alat pembersih AC yang perlu dimiliki.

Peralatan pembersih tersebut antara lain jet puma atau mesin steam. Fungsi dari mesin ini adalah sebagai pencuci unit AC bagian dalam atau evaporator serta bagian luarnya yakni kondensor. Alat pembersih yang kedua adalah ember atau bak air yang difungsikan sebagai penampung air bekas cucian AC. Alat pembersih yang terakhir yang harus dimiliki adalah plastic steam yang mirip dengan plastic cor. Alat yang satu ini berfungsi untuk mengalirkan air bekas cucian AC yang telah kotor.

  • Gauge manifold

Bagi orang awam, alat yang satu ini pasti sangat asing di telinga. Namun bagi para teknisi AC terlebih yang sudah bekerjasama dengan perusahaan kontraktor AC profesional pasti udah sangat akrab dengan keberadaan alat ini. Gauge manifold merupakan alat servis AC yang berfungsi untuk mengetahui ukuran tekanan pada refrigerant atau Freon sistem pendingin pada AC. Melalui alat ini akan diketahui apakah tekanan  evaporator dan kondensor normal, terlalu tinggi atau terlalu rendah.

  • Pompa vacuum

Alat yang harus dimiliki selanjutnya adalah pompa vacuum. Fungsi dari alat ini ialah untuk melakukan proses pengosongan refrideran pada sistem pendingin. Dengan begitu, gas-gas yang tidak terkondensi layaknya uap air atau udara dapat dihilangkan dengan maksimal. Kelebihan udara atau uap air dapat memperpendek usia operasi filter dirier.

  • Thermometer

Alat yang tak kalah penting untuk dimiliki ketika hendak menjadi teknisi AC sekelas distributor AC Indonesia adalah thermometer. Thermometer berfungsi untuk mengetahui kondisi suhu pada refrigerator. Jenis thermometer yang tepat bagi teknisi AC adalah thermometer digital.

  • Pemotong pipa

Jika ada pipa yang mengalami kerusakan atau kebocoran parah dan harus diganti, alat yang dibtuuhkan untuk memotong pipa tersebut adalah pemotong pipa khusus. Yang perlu diperhatikan saat memotong adalah jangan sampai ada serpihan yang masuk ke dalam mesin.

  • Dental mirror

Alat selanjutnya yang dibutuhkan oleh seorang teknisi AC profesional dan tak kalah dari kinerja teknisi kontraktor AC terpercaya adalah dental mirror. Cermin kecil ini berfungsi untuk mendeteksi hasil pengelasan pipa apakah ada kebocoran atau tidak.

  • Las brander

Ketika sudah menemukan kebocoran, alat yang digunakan untuk menambal kebocoran yang cenderung kecil tersebut adalah las brander. Untuk penambalannya, alat ini membutuhkan timah atau perak.

  • Tang amperemeter

Kemudian ada tang amperemeter yang berfungsi sebagai pengukur besaran arus serta tegangan pada kompresor AC.

Dengan kepemilikan beberapa peralatan teknisi seperti yang disebutkan dan dijelaskan di atas, maka kinerja akan semakin maksimal. Tentunya tetap yang terpenting adalah proses dan hasil kerja terbaik dari perusahaan kontraktor AC tersebut.

oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian