Rajin Service AC Split Inverter? Ternyata Banyak Keuntungannya!

5/5 (1)

Kebanyakan orang memilih tipe AC split inverter karena kemampuannya dalam menyesuaikan suhu ruangan yang cepat. Tahukah Anda ternyata rajin melakukan service pada AC ini banyak manfaatnya untuk keawetan AC yang dipasang, baik di rumah atau perkantoran. Jadi, jangan tunggu sampai AC harus rusak dulu baru disservice. Sebab rupanya ada beberapa manfaat melakukan service pada AC seperti berikut ini.

Ini dia keuntungan dari manfaat rajin service AC split inverter

  1. Peforma AC meningkat

Layaknya manusia yang diberi vitamin kemudian stamina menjadi kuat, AC juga akan mengalami performa yang meningkat ketika rajin diservice. Tingkat intensitas penggunaan AC mengakibatkan turunnya stabilitas komponen-komponen yang ada dalam mesin yang menghidupkan AC. Dalam service, biasanya teknisi akan mengecek beberapa fungsi mesin dalam AC dan menggantinya jika dirasa perlu diganti. Anda bisa membeli beberapa komponen AC di toko AC terdekat.

  1. Menanggulangi bocor air pada AC

Ternyata rajin service bisa menanggulangi masalah ini. Bocornya air pada AC biasanya diakibatkan oleh unit indoor kotor dan saluran pembuangan mampat. Jika saluran tersebut terus mampat dan tidak segera dibersihkan maka akan menimbulkan kerusakan yang merambat. Meskipun Anda bisa membeli onderdil AC di distributor AC dengan harga yang lebih murah namun lebih baik mengantisipasinya kan?

  1. Tekanan freon yang stabil

Freon merupakan komponen yang penting dalam AC. Namun terkadang freon atau ampere bekerja tidak stabil. Hal ini dikarenakan kondisi unit outdoor yang sangat kotor. Dengan melakukan service rutin tentunya freon atau ampere akan menjadi lebih stabil dan AC tidak cepat panas. Membiarkan freon yang kotor akan mengakibatkan AC rusak dan panas. Para kontraktor AC biasanya melakukan service dengan memfokuskan pada freon ini agar kinerja AC menjadi lebih bagus.

  1. Hembusan angin yang lebih kencang

Layaknya motor yang lajunya menjadi kencang setelah diservice, ternyata AC juga mengalami hal yang demikian. Kebanyakan orang mengeluh karena AC mereka tidak memiliki hembusan angin yang kuat tanpa tahu penyebab terjadinya. Dengan rajinnya Anda melakukan service maka akan mengakibatkan hembusan angin yang dihasilkan oleh AC menjadi kencang dan segar. Hal ini terjadi karena baling-baling kipas bisa benar-benar bersih tanpa hambatan.

  1. AC kembali dingin

Setelah hembusan angin yang lebih kencang ternyata service AC yang rajin bisa berimbas pada keadaan AC yang kembali dingin. AC yang terlalu sering digunakan tanpa dimatikan sama sekali akan mengalami kepanasan dan penurunan fungsi pada mesinnya. Sehingga setelah diservice dan dibenarkan apa yang salah AC bisa menjadi dingin bahkan lebih prima dari sebelumnya.

Itu dia beberapa manfaat rajin service AC Split Inverter dimana nantinya perangkat ini bisa lebih awet dalam hal pemakaian. Disarankan tidak perlu menunggu sampai rusak parah baru diservice, karena justru biaya service akan lebih mahal dalam perbaikannya.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian