Sensor pada AC Split Daikin Inverter bermasalah? Berikut 4 Penyebabnya!

No ratings yet.

Saat ini beberapa orang merasa takut untuk membeli tipe AC split Daikin inverter karena dianggap sering mengalami kerusakan pada sensor tanpa tahu apa penyebabnya. Namun jangan khawatir, ternyata penyebab kerusakan sensor pada AC split bisa dikenali dengan mudah. Berikut beberapa penyebab sensor bermasalah yang penting untuk Anda tahu jadi bisa mudah mencegah atau mengatasinya.

Penyebab sensor pada AC Split Daikin Inverter bermasalah

  1. Sensor terkena percikan air

Kerusakan yang terjadi pada sensor AC atau sulit dinyalakan melalui remote control biasanya diakibatkan oleh sensor yang terkena percikan air. Percikan air biasanya berasal dari AC itu sendiri atau mungkin tidak sengaja terkena ketika Anda membersihkannya. Hal ini sebenarnya bisa dihindari dengan menutup sensor dengan kain agar tidak terkena air. Kontraktor AC biasanya lebih memilih menggunakan jasa service AC dari pada membersihkan sendiri untuk menghindari kesalahan perawatan. Pembersihan AC yang tidak didasari dengan pengetahuan yang cukup akan merusak mesin AC.

  1. Mata sensor tertutup

Ketika membersihkan AC biasanya Anda harus melepas cap indoor. Namun nyatanya pelepasan dan pemasangan ini tidak semudah yang dibayangkan serta memerlukan kehati-hatian, jadi tidak bisa disepelekan. Jika pembersihan AC sudah selesai lalu Anda pastinya akan memasangnya kembali. Namun sering kali saat pemasangan, cap indoor bergeser atau kurang tepat sehingga dapat menutup sensor AC. Kebanyakan orang memilih tenaga service untuk melakukan ini karena takut terjadi kerusakan pada AC mereka.

  1. Kendornya soket sensor

Meskipun soket sistem memang terkenal kuat namun karena lamanya pemakaian membuat sistemnya menjadi kendor atau longgar. Selain itu, adanya kotoran seperti debu atau partikel yang lain di dalam soket juga dapat menyebabkan sensor kurang responsif. Hal inilah yang akan membuat sensor tidak bisa menerima sinyal dan perlu sebuah pembersihan pada bagian tersebut. Beberapa orang memilih untuk membeli sensor baru di toko AC ketika kerusakannya sudah parah.

  1. Sensor yang sudah lemah

Pernahkah Anda menyalakan AC dengan menggunakan remote control namun tidak kunjung menyala atau nyalanya melambat? Biasanya hal ini terjadi jika intensitas pemakaian AC sudah tinggi serta umur AC yang sudah bertahun-tahun sehingga mengakibatkan respons yang ditunjukkan oleh sensor menjadi lemah.

Hal ini karena turunnya kinerja sensor atau sudah waktunya untuk diganti. Beberapa sensor masih bisa diperbaiki oleh teknisi jika memang hanya butuh perbaikan sedikit saja. Namun kebanyakan sensor yang sudah lemah disarankan untuk diganti dengan yang baru. Anda bisa membeli sensor dengan harga murah di beberapa distributor AC dengan harga yang lebih murah.

Itulah beberapa penyebab sensor AC split Daikin inverter menjadi lemah dan cara tepat mengatasinya. Semoga bermanfaat.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian