Penyejuk udara (AC)

Suara AC yang Perlu Anda Waspadai

Penyejuk udara (AC) sering mengalami masalah-masalah yang mengakibatkan munculnya suara-suara yang aneh. Baik sebagai pemilik rumah atau pemilik bisnis, Anda pasti akan bingung dengan suara aneh yang dihasilkan dari AC tersebut. Untuk itu, Anda dapat mengikuti panduan berikut yang dapat membantu Anda untuk mengamati dan memperbaiki suara aneh tersebut.

  1. Clicking and ticking at startup (suara berdenting saat menyalakan AC)

Jika Anda mendengar suara berdenting seperti bunyi jam pada saat Anda menyalakan AC, maka ada kemungkinan terdapat perangkat keras dari AC Anda yang longgar masuk ke dalam kompresor. Untuk mengatasi situasi seperti ini, maka hal yang dapat Anda lakukan adalah mematikan AC, lalu perhatikan dan lihat apakah Anda dapat dengan aman melepaskan per atau baut yang terlepas, yang Anda temukan pada kompresor AC tersebut.

  1. Squealing at startup (suara memekik saat menyalakan AC)

Beberapa kompresor AC akan menghasilkan suara memekik saat AC dinyalakan, dan selama suara memekik tersebut berlangsung singkat dan tidak bertahan lama sejak AC dinyalakan, maka Anda tidak perlu khawatir. Namun, jika AC Anda tidak pernah menghasilkan suara memekik sebelumnya, tetapi tiba-tiba menghasilkan suara memekik, mungkin AC Anda memerlukan perbaikan.

  1. Trumpeting at shutdown (suara terompet saat mematikan AC)

Motor kompresor bisa saja membuat suara terompet saat AC dimatikan jika katup pendingin internal bocor. Selama Anda tidak mendengar suara mendesis bersamaan dengan suara terompet tersebut, suara terompet saat AC dimatikan ini tidak akan menjadi masalah.

  1. Hissing (suara desis)

Suara ini mengindikasikan adanya kebocoran zat pendingin catastrophic yang membutuhkan perhatian profesional segera. Suara mendesis ini tidak akan berlangsung lama karena hal ini mengindikasikan bahwa zat pendingin catastrophic tersebut dibuang ke atmosfir (sesuatu yang dilarang oleh EPA terkait kesehatan). Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu penggantian zat pendingin dan mengisi ulang dari seorang profesional agar AC Anda dapat bekerja kembali.

  1. Bubbling (suara mengelegak)

Suara ini berasal dari kebocoran zat pendingin yang lambat yang menghasilkan gelembung gas masuk ke dalam saluran pendingin. Segera hubungi spesialis penyejuk udara (jasa service AC) agar dapat mendeteksi kebocoran dan melakukan perbaikan jika Anda mendengar suara ini.

  1. Animal sounds from the ductwork (suara binatang dari duktivasi)

Binatang bisa saja menyelinap masuk dan terjebak di dalam saluran air. Setelah mengeluarkan hewan dengan bantuan profesional, penting untuk Anda menemukan titik masuk binatang tersebut dari luar rumah atau bangunan Anda dan menutupnya sehingga masalah seperti ini tidak terjadi kembali.

  1. Rumbling or whining (bergumam atau merengek)

Suara ini adalah tanda peringatan bahwa motor kipas memiliki bagian internal yang patah. Perbaikan atau penggantian diperlukan untuk menghentikan suara AC ini.

  1. Banging atau clanking (suara benturan atau berdering)

Terkadang, suara seperti ini menunjukkan bahwa internal mounts, connecting rod, piston pin atau bagian internal lainnya telah longgar. Namun, karena kompresor pada penyejuk udara yang paling modern sekarang adalah unit tertutup, maka satu-satunya pilihan Anda adalah dengan menggantinya.

  1. Buzzing from the outside unit (berdengung dari unit luar)

Bila kipas angin luar berdengung, sambungan kabel atau arcing AC Anda mungkin kendur. Hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan berhati-hati memeriksa sambungan kabel tersebut untuk melihat tanda-tanda terbakar. Jika Anda melihat adanya tanda-tanda terbakar, maka Anda perlu menangani hal tersebut segera. Jika tidak segera ditangani, maka Anda bisa saja mengalami masalah listrik serius.

  1. Rattling or clanking (suara berkedip atau berdentang)

Jika kompresor AC Anda membuat suara ini, maka kemungkinan motor mounts AC Anda telah rusak. Untuk mengatasi hal tersebut, mengganti kompresor adalah satu-satunya solusi perbaikan Anda.

  1. Screaming (suara teriakan)

Sensor AC memiliki fungsi untuk mencegah AC agar tidak beroperasi jika tekanan internal terlalu tinggi, namun jika Anda mendengar suara teriakan, maka kemungkinan sensor AC Anda tidak berfungsi dengan baik. Untuk mengatasinya, Anda perlu mematikan AC Anda segera dan hubungi bantuan profesional.

Itulah suara-suara yang mungkin dihasilkan dari unit AC yang perlu Anda perhatikan dan waspadai. Perlu Anda ingat bahwa salah satu cara yang paling efektif untuk mengurangi terjadinya suara-suara aneh AC ini adalah dengan melakukan perawatan berkala. Untuk melakukan perawatan berkala ini, Anda dapat menggunakan jasa service maintenance dari ACWahana.com, selaku kontraktor AC atau distributor AC yang telah berpengalaman baik dalam hal penjualan, pemasangan, dan service maintenance air conditioning unit.