Tanda Jika AC Butuh Perawatan Menurut Distributor AC

No ratings yet.

AC merupakan peralatan elektronik yang jarang mendapatkan perawatan. Semua jenis AC baik yang murah maupun yang mahal tetap membutuhkan perawatan. Hal ini bertujuan agar pendingin udara bisa bekerja dengan baik, serta biaya listrik yang dikeluarkan tetap terjangkau.

Ada beberapa gejala atau tanda dari AC yang membutuhkan perawatan, antara lain:

  1. AC mulai tidak dingin

Sejak membeli di dealer AC kita sudah sering diberi tahu, jika AC sudah mulai tidak dingin tandanya kita sudah harus melakukan perawatan. Ada banyak faktor yang menyebabkan AC menjadi tidak dingin lagi antara lain bocornya pipa instalasi, kondensor yang rusak, fan yang tidak berfungsi dengan baik, tekanan freon yang rusak, penyumbatan pada unit indoor, dan banyak lagi lainnya.

2. Dingin yang dihasilkan tidak merata keseluruh ruangan

Hal ini terjadi karena thermostat pada AC mengalami kerusakan. Thermostat adalah alat untuk mendeteksi suhu yang ada di sekitar AC. Jika alat ini rusak maka AC tidak tahu hasil pendinginan udara yang dihasilkan, akibatnya suhu udara tidak merata ke seluruh ruangan.

3. Unit indoor mengeluarkan tetesan air

Tetesan air pada unit indoor terjadi karena penyumbatan pada saluran pembuangan air. Hal ini terjadi karena instalasi dikerjakan secara tidak baik. oleh sebab itu ada baiknya kita menggunakan jasa teknisi yang berlisensi, agar intalasi AC baik indoor maupun outdoor bisa dikerjakan dengan baik.

4. Mengeluarkan serpihan es

Serpihan es yang terjadi karena kebocoran pada freon. Bocornya freon ini menyebabkan AC tidak dingin lagi. Ciri bocornya freon adalah pipa freon sedikit berkarat dan berminyak.

5. Udara yang dihasilkan AC berbau tidak sedap

Bau tidak sedap pada AC biasanya terjadi karena komponen AC yang kotor, terdapat bangkai binatang, arus pendek listrik, serta kebocoran freon.

Perawatan AC sesuai petunjuk Distributor AC

Distributor resmi AC biasanya memberikan cara-cara melakukan perawatan pada AC, sebelum kita membeli AC tersebut. Adapun cara merawat AC diantaranya:

  • Sebelum membeli AC ada baiknya kita mengetahui ukuran PK yang kita butuhkan.
  • Jika ingin menyalakan AC ada baiknya ruangan tertutup dengan rapat. Hal ini dilakukan agar AC tidak berkerja terlalu keras.
  • Apabila kita sedang bepergian ada baiknya kita mematikan AC.
  • Menggunakan fitur timer pada AC.
  • Sebaiknya jangan terlalu sering memasang fitur dibawah 22 derajat celcius, karena semakin rendah suhu yang kita inginkan semakin berat pula AC bekerja.
  • Melakukan perawatan secara rutin. Perawatan bisa dilakukan sebanyak 1 kali dalam satu minggu.
  • Mengecek kondisi freon secara berkala. Freon yang bocor akan menyebabkan bau tidak sedap dan suhu udara akan menurun.
  • Membeli AC hanya di distributor AC untuk mendapat AC dengan kualitas terbaik.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian