Teknisi AC Split dan Alat-Alat yang Biasa Digunakan

No ratings yet.

Menjadi teknisi sebuah AC, salah satunya teknisi AC split tidaklah mudah. Dibutuhkan skill dan pengalaman yang mumpuni agar bisa mengatasi berbagai macam masalah yang terjadi dalam AC yang sedang membutuhkan perawatan. Untuk itu perlunya mengetahui beberapa peralatan yang harus digunakan saat service AC.

Alat-alat yang digunakan untuk menjadi teknisi AC split

  1. Peralatan Cuci AC

Peralatan teknisi AC split yang pertama kali harus dimiliki adalah peralatan cucinya. Peralatan cuci ini terdiri dari 3 macam bagian lainnya dan berguna untuk membersihkan AC dari debu dan kotoran yang menempel.  Bagian-bagian tersebut adalah sebagai berikut:

  • Plastik steam

Bagian ini berguna untuk mengalirkan air kotor atau air bekas cuciaan kotoran debu dari AC yang telah dicuci.

  • Jet Pump

Bagian ini berguna untuk membersihkan unit indoor dan outdoor AC bagian kondensornya.

  • Ember

Bagian ini berguna untuk menampung kotoran dan air bekas cucian dari AC yang telah dibersihkan.

Semua bagian ini tentunya tidak bisa dipisahkan dan terkurangi satu pun jenisnya. Hal tersebut berguna untuk menunjang kepraktisan dan tingkat kebersihan AC yang sedang dicuci.

  1. Gauge Manifold

Alat ini harus dimiliki oleh teknisi AC karena fungsinya yang krusial yaitu mengukur tekanan yang sudah terjadi pada freon selama AC digunakan. Alat ini memiliki dua macam yaitu dua laluan dan empat laluan, tentunya masing-masing macam tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda.

  1. Tang Amperemeter

Alat ini berguna untuk mengukur besarnya arus dan tegangan yang ada di dalam AC. Tegangan yang terlalu besar akan memicu AC cepat panas dan rusak. Ada tidaknya alat ini juga bisa menjadi cara memilih teknisi AC yang berkompeten.

  1. Alat Pendeteksi Kebocoran

Alat ini juga sangat berguna untuk teknisi dalam mengetahui bagian mana saja yang bocor dalam AC untuk segera diperbaiki atau diganti dengan yang baru. Seperti yang umum terjadi kebocoran di dalam pipa penghubung antara unit outdoor dan indoornya yang mengakibatkan dinginnya sebuah AC kurang maksimal.

  1. Alat Pemotong Pipa

Alat ini sangat membantu dalam pemasangan AC karena banyak terjadi kegiatan pemotongan pipa di dalamnya. Pemotongan pipa yang tidak tepat atau meninggalkan serpihan akan berbahaya untuk AC apalagi jika serpihan tersebut masuk ke dalam unit inti AC. Hal ini bisa mengakibatkan kerusakan yang krusial.

  1. Pengembang Pipa

Alat ini berguna untuk mengembangkan ujung pipa agar bisa disambungkan atau dimasukkan ke dalam pipa yang lainnya. Hal ini sangat berguna untuk pemasangan AC awal atau saat penggantian pipa dengan yang baru.

  1. Penggencet Pipa

Selain adanya pengembang pipa, juga dibutuhkan penggencet pipa untuk membuatnya buntu. Hal ini berguna untuk mengantisipasi adanya kebocoran pada saluran pipa.

Itulah peralatan yang harus dimiliki oleh teknisi AC split untuk menghasilkan servis dan pemasangan AC yang lebih baik.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian