Tipe AC

Tipe-Tipe AC yang Banyak Digunakan

No ratings yet.

Tipe AC – Di awal tahun 2018 ini, Indonesia memang masih diguyur hujan. Tetapi, musim akan terus berganti dan tanpa kita sadari, musim kemarau telah tiba. Sebelum musim kemarau tiba, tentunya perlu untuk Anda mempersiapkan semua yang dibutuhkan. Salah satunya adalah air conditioner (AC). Air conditioner (AC) ini adalah alat elektronik yang memiliki fungsi untuk mendinginkan ruangan. Seperti yang kita ketahui, pada musim kemarau, udara akan menjadi lebih panas dan cuaca yang panas akan membuat siapa saja, termasuk kita ingin berada di ruangan yang sejuk dan dingin. Hal inilah yang membuat kita membutuhkan sebuah air conditioner (AC).

Namun, permasalahannya adalah AC yang bagaimana yang harus dibeli dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk membantu Anda dalam memilih AC yang sesuai dengan kebutuhan Anda, berikut ini adalah berbagai tipe AC yang biasanya ada di pasaran.

  1. AC Window

AC Window adalah tipe AC bentukan pertama yang dibuat dengan bentuk fisik berbentuk kotak dan tanpa menggunakan remote control. Hal ini dikarenakan tombol pengaturnya sudah tergabung pada tampilan AC tersebut. AC ini biasanya dipasang di bawah jendela atau slot yang ada pada tembok ruangan. Tipe ini juga dikenal sebagai tipe unitary, dimana mesin didalamnya mengeluarkan udara dingin ke dalam ruangan yang diinginkan dan mengeluarkan udara panas di bagian luar ruangan.

  1. AC Split (Ductless)

Split yang dimaksud di sini adalah adanya pembagian bagian air conditioner yang terpisah, yaitu satu unit indoor dan satu unit outdoor. Guna daripada unit outdoor ini adalah sebagai compressor, expansion valve, dan condenser. Tidak seperti AC Window, AC Split tidak memerlukan slot khusus. AC Split hanya memerlukan slot  permukaan dinding.

  1. AC Central (Ducted)

AC Central biasanya banyak ditemukan dan digunakan untuk tempat-tempat yang lebih besar dan luas, seperti mall atau hotel. AC jenis ini menggunakan kompresor besar dan satu bagian yang berfungsi sebagai condensing unit diletakkan di luar gedung dan satu satu bagian yang berfungsi sebagai internal evaporative unit diletakkan di dalam gedung. Di dalam condensing unit ini terdapat condensing fan, compressor, dan condensor coil, sedangkan di dalam internal evaporative unit terdapat evaporator coil dan expansion valve. Kedua bagian ini bekerja sama  untuk mendinginkan suhu udara dalam ruangan.

  1. AC Cassette

AC Cassette ini adalah tipe AC yang menempel pada plafon langit-langit. Karena pemasangannya yang berbeda dibandingkan AC tipe lain, maka dibutuhkan keahlian khusus dan tenaga yang lebih profesional.

  1. AC Standing Floor/portable

AC Standing Floor mempunyai unit yang berdiri dan bisa dipindahkan. Tipe AC ini mempunyai sistem pendingin yang terletak pada dasar bawah mesin yang mengeluarkan panas melalui ventilasi yang terdapat di dinding terluar. AC ini kerap digunakan dalam acara-acara besar.

Itulah beberapa tipe AC yang dapat Anda jadikan referensi dalam membantu Anda mendapatkan AC yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk Anda yang ingin mendapatkan berbagai AC berkualitas dengan harga terjangkau, Anda dapat memperolehnya melalui ACWahana.com sebagai distributor AC dan kontarktor AC yang berpengalaman dalam menyediakan kebutuhan pendinginan dan tata udara yang tepat dan efisien sesuai kebutuhan Anda.

 

Berikan Penilaian