Tips Agar AC split Mitsubishi inverter Tahan Lama dan Hemat Listrik

No ratings yet.

AC split Mitsubishi inverter berbeda dengan non inverter karena bisa lebih tahan lama serta bisa hemat listrik. Namun tetap saja Anda harus berhati-hati dalam menggunakannya.  Baik itu jenis inverter dan non inverter, diperlukan trik ataupun tips saat digunakan. Nah, berikut tips yang bisa dilakukan untuk menjaga AC split Mitsubishi tipe inverter hemat llistrik dan bisa bertahan lama.

Bagaimana Membuat AC Split Mitsubishi Inverter Tahan Lama dan Hemat Listrik?

  1. Tidak boleh under capacity

Menggunakan AC inverter tak boleh under capacity artinya PK-nya tidak boleh kurang dari kebutuhan ruangannya. Karena jika Anda menggunakan PK yang kurang dari yang dibutuhkan maka AC akan bekerja terlalu keras sehingga bisa membuat boros listrik. Belum lagi hal ini juga akan membuat AC jadi tidak dingin atau memerlukan waktu cukup lama untuk mendinginkan ruangan sehingga pengunaan listriknya jadi lebih banyak dari yang seharusnya. Tentu saja hal ini juga membuat AC jadi lebih cepat rusak atau umurnya berkurang dari yang seharusnya

Sehingga untuk ruangan 4×5 maka AC inverter yang digunakan 1.5 PK. Sedangkan untuk ruangan yang berukuran 4×6, maka gunakan AC dengan PK 2. Berbeda lagi untuk ukuran ruangan 4×4 kebawah maka  PK yang digunakan ialah 1 PK. Jadi sebelum AC dipasang oleh kontraktor AC, ketahui dulu ukuran ruangan tersebut. Dengan demikian Anda bisa memilih untuk menggunakan ukuran AC yang tepat untuk setiap ruangan yang ada.

2. Pengaturan suhu

Pengaturan suhu yang bisa dicapai oleh AC adalah suatu hal yang sangat penting dalam menggunakan AC Inverter yang dibeli di toko AC. Konsumsi daya listrik akan berkurang pada AC inverter jika suhu ruangan tersebut sudah mendekati suhu remote. Begitu juga akan turun ke watt minimal jika suhu dalam ruangan sudah sama dengan suhu remote.

Untuk di Indonesia, sebenarnya suhu maksimal yang bisa dicapai oleh AC adalah sekitar 19derajat saja. Namun tidak jarang yang mengaturnya sampai 16derajat meskipun hal tersebut tidak mungkin tercapai. Akan lebih baik jika Anda mengatur suhu pada angka yang optimum yaitu sekitar 24 sampai 25 derajat saja. Dengan demikian AC akan lebih awet, tahan lama dan pastinya juga hemat listrik.

Perlu diketahui bahwa suhu yang ada di remote AC bukan indicator dari temperatur sebuah ruangan. Maka berbagai hal yang ingin diketahui dari jenis AC yang dipilih, silahkan tanyakan langsung pada distributor AC. Jika AC tidak mampu untuk menyamai suhu remote, maka compressor akan terus bekerja sehingga jumlah watt juga meningkat. Nah, tentu saja ini berpengaruh pada tagihan lisrik nantinya. Jadi, jika ingin membeli AC, jangan memilih yang di bawah kapasitas. Sehingga AC inverter penggunaanya lebih terfokus untuk dalam ruangan, bukan di luar ruangan.

Sekian artikel tentang tips menggunakan AC split Mitsubishi inverter, jadi pertimbangkan kembali saat memilih AC, semoga bermanfaat.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian