Tips Agar AC Split Mitsubishi Inverter Tak Mudah Rusak

No ratings yet.

Mudah terjadinya kerusakan pada AC split mitsubishi inverter disebabkan oleh beberapa faktor. Meskipun AC dibeli dengan harga mahal yang diklaim memiliki berbagai keunggulan namun kerusakan pada AC juga bisa terjadi.

Nah, agar AC  tak mudah rusak, jangan lupa perhatikan kebersihan dan perawatan AC dengan baik, apalagi jika sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Masalah tersebut coba atasi dengan 7 langkah berikut.

Aplikasikan 7 Langkah Berikut Agar AC Split Mitsubishi Inverter Tak Mudah Rusak

  1. Filter udara dibersihkan sebulan sekali

Kebiasaan setiap konsumen berbeda dalam menggunakan AC dan berapa kali filter AC dibersihkan atau diganti tergantung pemakaian AC. Jika AC setiap hari dinyalakan maka bersihkan atau ganti filter udara satu kali setiap bulan. Namun jika penggunaannya tak terlalu sering, maka bisa dibersihkan atau diganti satu kali dalam 3 bulan. Berbagai fitur lain yang ada di AC bisa ditanyakan langsung kepada distributor AC yang bersangkutan.

  1. Bersihkan kumparan/coil AC

Coil berfungsi untuk membantu refrigerant untuk membuat suhu udara dalam ruangan menjadi dingin dan mengurangi rasa panas. Selama jangka waktu tertentu, coil bisa menjadi kotor dan kemampuan penyerapan panasnya berkurang. Sehingga AC harus bekerja lebih keras  untuk mendinginkan suhu ruangan. Nah, kerja keras AC inilah yang membuat AC mudah rusak. Solusinya selalu pastikan kebersihan coil atau kumparan AC. Caranya dengan membersihkan bagian yang berada sekitar unit kondensor yang ada di bagian luar.

  1. Jaga kebersihan pipa

Pipa yang ada di AC berguna untuk membuang air keluar dan pipa ini sangat penting agar AC bisa bekerja dengan baik. Nah, agar AC tidak mudah rusak pengguna harus bisa menjaga kebersihan pipa tersebut dan harus sering dicek agar pipa tidak macet. Sehingga air bisa dikeluarkan dengan lancar.

  1. Rutin perawatan

AC dengan kualitas terbaik dan semahal apapun jika tak rutin dirawat juga bisa rusak. Perawatan bisa dilakukan sendiri sekali dalam 3 bulan atau juga bisa memanggil seorang kontraktor AC atau teknisi AC. Intensitas perawatan juga tergantung seberapa sering AC  tersebut digunakan.

  1. Jangan sering ganti suhu udara secara drastis

Menaikkan ataupun menurunkan suhu secara drastis bisa meningkatkan tekanan pada AC disebabkan suhu diubah dengan tiba-tiba. Agar AC tak mudah rusak, jangan biasakan hal ini. Jika ingin menaikkan ataupun  menurunkan suhu maka lakukan saja dengan pelan-pelan.

  1. Selalu Cek freon

Ini dilakukan agar AC selalu cukup freon dan jangan sampai kekurangan freon. Sebab jika freon kurang maka suhu tidak terasa dingin meskipun sudah diset pada suhu rendah. Jika selalu menyetel suhu rendah, maka beberapa unit akan lebih berat dan ini tak bagus untuk AC jika terjadi dalam jangka waktu yang lama. Sehingga selalu cek freon dan lakukan pengisian sesuai sering atau tidaknya AC tersebut digunakan. Mengenai jenis freon bisa ditanyakan saat berada di toko AC.

  1. Jangan lupa tutup pintu ruangan

Jika ruangan tersebut AC dinyalakan maka jangan lupa menutup kembali pintu setelah dibuka. Jika dibiarkan terbuka maka udara dingin akan keluar dan suhu hangat dari luar ruangan akan masuk ke dalam sehingga memaksa AC agar bekerja lebih keras. Lama kelamaan juga membuat AC cepat rusak. Agar tidak lupa, bisa dibuat pengingat di depan pintu agar selalu menutup AC sebab ruangan tersebut adalah ruangan ber-AC. Sekian artikel tentang 7 langkah yang bisa dilakukan agar AC split mitsubishi inverter agar tak mudah rusak, selamat mengaplikasikan.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian