Tips Kontraktor AC dalam Pemasangan Produk AC yang Benar

No ratings yet.

Kontraktor AC berperan ganda, mereka tidak hanya menyediakan jasa service AC rusak namun turut menawarkan pelayanan instalasi AC baru. Terlebih mengingat proses pemasangan AC itu tidak semudah kelihatannya. AC merupakan mesin elektronik yang berfungsi untuk mengubah udara panas menjadi sejuk. Indonesia yang terkenal sebagai negara tropis, sangat membutuhkan AC terutama di siang hari saat cuacanya sangat panas dan terik. Sayangnya, tidak banyak konsumen yang tahu bagaimana cara menempatkan AC yang benar. Sehingga hawa sejuk yang diidamkan keluar dari AC justru tidak ada dan tidak membawa perubahan pada suhu ruangan.

Tips Kontraktor AC dalam Memposisikan Fungsional AC Dengan Benar

  1. Tutup Pintu dan Jendala Saat AC Dinyalakan

Supaya AC bisa bekerja secara optimal, ketika AC dinyalakan, pastikan baik pintu atau jendela di sekitar ruangan telah ditutup. Mengapa demikian? Karena udara panas dari luas bisa masuk melalui lubang pintu atau jendela yang terbuka. Percuma saja menyalakan AC ke suhu terdingin jika udara panas masih bisa masuk. Yang ada menyebabkan pemborosan energi listrik. Bila dilakukan terus menerus, AC bisa cepat rusak.

2. Tempatkan AC Di Tempat Tertutup

Setelah berhasil membeli AC impian dari retail AC sebelum memanggil jasa kontraktor untuk install AC. Anda harus memastikan jika lahan untuk menempatkan AC terlindungi dari sinar matahari. Sinar matahari menghasilkan panas yang bisa merusak fungsi AC. Mesin AC yang terus menerus terkena paparan sinar matahari lama kelamaan akan mengalami pemuaian yang mengakibatkan mesin penyejuk ruangan lebih cepat rusak.

3. Tips Menempatkan AC Di Kamar Tidur

Apabila bermaksud untuk menempatkan AC di kamar tidur, AC spesialis menyarankan agar AC ditempatkan di samping kiri atau kanan tempat tidur. Sehingga tidak akan mengakibatkan gangguan pada sistem pernapasan (paru-paru). Tapi jika kamar tidur terlalu sempit, maka bisa memakai space di belakang tempat tidur. Intinya tidak dianjurkan untuk menempatkan AC di depan tempat tidur langsung menghadap ranjang.

4. Tips Menempatkan AC Di Ruang Tamu

Cara menempatkan AC di ruang tamu sebenarnya bisa di mana saja dengan catatan tidak berhadapan langsung dengan pintu. Alasannya hampir sama dengan alasan pertama, udara panas yang masuk dari celah pintu bisa menghambat kinerja AC untuk mendinginkan ruangan.

5. Ketinggian Tempat

Faktor ketinggian tempat juga harus dipertimbangkan karena berhubungan erat dengan kesehatan tubuh. Jika AC dipasang terlalu rendah bisa menyebabkan udara dingin yang keluar lebih cepat mengenai tubuh. Setidaknya AC harus dipasang 30 sentimeter dari tinggi badan anggota keluarga yang paling tinggi di rumah (atau rata-rata tinggi badan bagi orang Indonesia).

Semoga informasi tentang cara menempatkan AC ini bisa membantu konsumen memperoleh manfaat AC secara optimal. Untuk proses instalasi yang mudah dan cepat cukup hubungi kontraktor AC.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian