Tips Memasang AC dengan Benar dari Kontraktor AC

No ratings yet.

Memasang pendingin udara yang baik bukanlah hal yang mudah. Ternyata. Cara pemasangan AC menentukan kualitas udara yang dihasilkan serta daya tahan AC itu sendiri. Bagi kalian yang sedang menginstall AC di rumah agar lebih sejuk serta tahan lama, bisa disimak beberapa tips berikut ini.

  1. Menentukan Posisi Indoor Unit yang Tepat

Cara memasang AC yang baik dan benar adalah dengan membuat posisi unit indoor berada pada 15cm dari bagian atap rumah, hal ini agar sirkulasi udara yang dihasil dari AC lebih terasa dan tersebar luas. Jika di depan AC terdapat penghalang, maka hasil pendinginan udara tidak akan terasa secara maksimal karena sirkulasi terhalang. Hal lain yang harus diperhatikan menurut AC spesialis adalah peletakan barang di bagian bawah dari indoor unit. Tidak disarankan untuk meletakkan sumber listrik, computer, alat elektronik, serta alat lain yang rusak jika terkena air. Hal ini agar menghindarkan barang-barang tersebut terkena tetesan air dari AC. Lalu terkait dengan posisi dari indoor unit, sebisa mungkin hembusan udara yang keluar tidak mengarah langsung ke tubuh kita, karena kurang baik bagi kesehatan.

2. Posisi dari Outdoor Unit

Agar menghasilkan udara yang maksimal serta AC tetap awet, maka kita harus menentukan posisi outdoor unit secara tepat. Ada baiknya outdoor unit dipasang di posisi 30cm diantara sambungan pipa bagian indoor. Hal ini fungsinya agar oli kompresor dapat turut bersirkulasi dengan refrigerant.

3. Pipa Penghubung Unit Outdoor dan Unit Indoor

Kita harus memperhatikan pipa penghubung ini agar AC bisa awet. Apabila pipa ini ternyata bengkok maka sirkulasi dari refrigerant akan terganggu. Ada baiknya jika panjang pipa 3m sd 6 meter.

4. Jalur untuk pembuangan air

Hal lain yang harus diperhatikan ketika memasang AC adalah jalur dari pembuangan air. Di retail AC biasanya dijelaskan lebih lanjut mengenai jalur air ini, sebelum kita membeli pendingin udara. Jika jalur pembuangan air tidak benar, maka air akan menetes dan mengganggu kenyamanan kita. Oleh karenanya akan membuat jalur untuk pembuangan air tersebut kita harus memahami jika air akan mengalir mulai dari ketinggian menuju ke bagian yang rendah.

Kontraktor AC Pilihan yang Tepat

Jika kita masih kesulitan dalam pemasangan AC ada baiknya kita menggunakan jasa kontraktor AC. Pemasangan pendingin udara tidak mudah, karena hal ini terkait dengan jenis-jenis AC yang akan kita gunakan. Para teknisi sudah dibekali kemampuan khusus serta kelengkapan alat yang bermutu agar instalasi AC bisa dilakukan dengan baik dan berkualitas. Oleh sebab itu masyarakat sangat membutuhkan seorang teknisi atau kontraktor AC. Biasanya teknisi tersebut bisa disediakan jasa penyedia layanan jasa pemasangan AC atau kita mencari teknisi sendiri.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian