Tips Memasang AC Split dari Kontraktor AC

No ratings yet.

biasanya jasa yang paling dapat dipercaya untuk memasang jenis AC apapun, termasuk AC split. Namun seringkali kita melakukan pemasangan AC sendiri dibandingkan menggunakan jasa professional. Pemasangannya mudah karena kita cukup melubangi tembok secukupnya sebagai jalur pipa. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam memasang AC split:

  1. Jika tidak menggunakan jasa AC spesialis, ada baiknya kita terlebih dahulu membaca buku panduan dengan cermat dan teliti.
  2. Hindari pemasangan AC dari sinar matahari langsung.
  3. Pada unit indoor setidaknya dibutuhkan ruang 15 cm sebagai ruang terbuka di sekeliling unit AC.
  4. Memasang AC pada posisi yang cukup jauh dari barang elektronik lainnya.
  5. Dinding harus cukup kuat untuk menahan berat unit AC.

Hal lain yang harus kita perhatikan adalah ada perbedaan antara AC biasa dengan AC Split biasanya terletak pada ekpansinya. Seperti kita ketahui AC Split mempunyai ekspansi valve di outdoornya, sedangkan pada sistem VRF setiap indoornya memiliki expansi valve. Hal ini yang membuat sistem VRF tidak membutuhkan terlalu banyak jalur pipa dari outdoor ke indoornya, hanya butuh satu pipa saja agar sistem pendinginan bisa berjalan.

Tips Memilih Kontraktor AC

Jika kita masih kesulitan dalam melakukan instalasi AC secara manual, ada baiknya kita menggunakan jasa teknis yang biasanya disediakan oleh retail AC. Ada beberapa tips untuk memilih teknisi yang berkualitas, antara lain:

  1. Menggunakan jasa kontraktor yang terpercaya

Teknisi yang terpercaya biasanya memiliki sertifikat asli sebagai teknisi. Hal ini membuktikan bahwa mereka secara professional sudah terdaftar. Sehingga kinerja mereka sudah dapat dipercaya dan menghasilkan kualitas yang kita inginkan. Untuk itu kita tidak boleh malas mengumpulkan informasi mengenai teknisi yang AC spesialis, agar kita bisa mengetahui sejauh mana kualitas yang mereka miliki, sehingga kita mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Memilih kontraktor handal

Jika kita sudah mempunyai banyak pilihan dari teknis AC yang bersertfikat, selanjutnya adalah memilih yang handal. Handal di sini adalah teknisi yang bisa memasang AC dengan baik dan sesuai dengan keinginan kita serta bisa memperkirakan biaya listrik yang sesuai dengan kebutuhan kita. Tentu jika memasang AC biaya listrik menjadi semakin mahal, oleh sebab itu kontraktor yang handal pasti memiliki kemampuan agar AC yang kita gunakan tetap hemat listrik namun tetap memberi udara yang sejuk.

3. Memilih kontraktor yang memiliki lisensi

Kontraktor AC juga harus memiliki lisensi, sehingga kita bisa percaya dengan kualitas layanan yang akan mereka berikan. Teknisi yang berlisensi akan melakukan instalasi AC dengan metode yang tersusun dengan rapi dan dikerjakan dengan teliti serta hati-hati, agar AC yang mereka pasang bisa sesuai dengan kebutuhan kita. Mereka juga akan mengajak kita berdiskusi mengenai metode, daya listrik, serta posisi outdoor dan indoor AC split.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian