Mengatur Suhu AC

Tips Mengatur Suhu AC yang Nyaman Saat Tidur

Mengatur Suhu AC – Pernah mendengar orang mengatakan bahwa semakin rendah suhu AC, maka akan semakin nyaman? Taukah kamu faktanya, pernyataan tersebut adalah salah. Suhu yang nyaman adalah suhu yang sesuai dengan tubuh manusia. Hal ini dikarenakan suhu tubuh setiap orang itu berbeda-beda. Dengan demikian, untuk mendapatkan suhu AC yang nyaman bagi tubuh Anda, Anda perlu memperhitungkan kelembaban ruangan, sirkulasi udara, dan suhu tubuh Anda sendiri.

Namun, berbeda halnya ketika Anda tertidur. Menurut Alaska Clinic Sleep, para peneliti percaya bahwa saat tertidur, suhu tubuh akan mengalami penurunan dalam menghemat energi tubuh untuk digunakan pada fungsi lain, yang biasanya akan dihabiskan untuk menjaga suhu tubuh normal. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, artikel ini akan memberikan tips mengatur suhu AC yang nyaman saat Anda tidur agar penggunaan AC Anda pun menjadi lebih hemat listrik.

  1. Anda harus memeriksa terlebih dahulu apakah jendela dan pintu kamar sudah tertutup rapat. Setelah Anda yakin jendela dan pintu sudah tertutup rapat, maka Anda dapat mulai menyalakan AC.
  2. Atur suhu awal pada suhu 28 derajat celcius. Jangan langsung menggunakan suhu yang terlalu rendah. Hal ini dikarenakan tubuh Anda tetap membutuhkan adaptasi dengan suhu ruangan terlebih dahulu agar tidak kaget ketika menghadapi suhu yang lebih rendah. Jika kemudian Anda merasa suhu 28 derajat celcius itu kurang dingin, maka Anda dapat mengatur suhu AC secara bertahap 1-2 derajat hingga Anda mendapatkan suhu yang Anda rasa cukup dingin dan nyaman untuk Anda.
  3. Setelah menemukan suhu AC yang cukup dingin dan nyaman untuk Anda, maka ketika Anda sudah benar-benar merasa ngantuk untuk tertidur, sebaiknya atur suhu AC Anda kembali dengan menaikannya 2-3 derajat celcius. Hal ini dikarenakan pada saat Anda tertidur, kondisi tubuh akan lebih rileks dan tidak membutuhkan suhu yang terlalu rendah seperti yang dijelaskan sebelumnya. Sebagai contoh, suhu 22 derajat celcius adalah suhu terakhir yang Anda atur, maka sesuai dengan yang disarankan, Anda perlu mengatur suhu AC menjadi 24 atau 25 derajat celcius sebagai suhu AC ketika Anda terlelap.
  4. Atau jika Anda ingin tetap menggunakan suhu 22 derajat celcius tersebut, maka Anda disarankan untuk mengatur AC Anda pada mode auto. Hal ini dikarenakan mode auto ini memiliki fungsi untuk mengatur suhu secara otomatis. Untuk informasi lebih lanjut mengenai mode auto ini, maka Anda dapat memperolehnya melalui artikel berikut ini.
  5. Untuk info tambahan, Anda dapat menggunakan bantuan kipas angin untuk mendapatkan suhu AC yang nyaman. Hal ini dikarenakan kipas angin ini dapat membantu Anda mendapatkan suhu yang lebih maksimal ketika AC menggunakan mode auto. Bahkan AC Anda dapat cepat masuk ke dalam mode “Save Energy” yang mana akan semakin menghemat listrik Anda. Untuk penjelasan lebih lanjut, Anda dapat memperolehnya melalui artikel ini.

Demikian tips mengatur suhu AC yang nyaman saat Anda tidur. Selain itu, agar konsumsi listrik rumah Anda dapat lebih hemat, Anda dapat mengganti AC rumah Anda dengan AC berteknologi inverter. Untuk memperoleh AC berteknologi inverter dengan kualitas yang baik, Anda dapat memperolehnya melalui ACWahana.com sebagai distributor AC dan kontraktor AC yang menyediakan berbagai jenis AC inverter serta berpengalaman dalam menyediakan kebutuhan pendinginan dan tata udara yang tepat dan efisien sesuai kebutuhan Anda.