Tips Mengoperasikan AC Split Inverter Agar Tetap Awet

No ratings yet.

AC split inverter merupakan AC impian dan masa depan dari generasi milenial. Teknologi yang ditanamkan memungkinkan AC menjangkau seluruh ruangan tanpa mengeluarkan banyak energi listrik, juga dilengkapi dengan teknologi yang ramah lingkungan. Sayangnya, masih banyak orang yang belum memahami bagaimana cara mengoperasikan AC inverter agar hemat energi dan awet. Padahal bila digunakan dengan baik dan benar, AC bisa bertahan cukup lama.

Mengoperasikan AC inverter sebenarnya tidaklah sulit, kita hanya perlu mengikuti buku panduan yang diberikan dengan benar dan sistematis. Bila ada kendala, cukup hubungi teknisi untuk membantu instalasi atau memperbaiki kerusakan. Namun sebagai konsumen mandiri, tidak ada salahnya jika kita memahami bagaimana cara operasional AC inverter yang baik. Sehingga tidak selalu bergantung dengan keterampilan teknisi.

Tips mengoperasikan AC split inverter dengan tepat

Bagi pengguna baru AC inverter mungkin sering kali mengalami kesulitan untuk mengoperasikan AC dengan tepat. Oleh karena itu, gunakan beberapa tips berikut ini untuk mengatasinya:

  1. Usahakan untuk tidak menyalakan AC beberapa detik setelah dimatikan

Salah satu alasan, AC inverter di rumah atau kantor sering boros adalah karena kebiasaan buruk ini. Maka dari itu, hendaknya hindari kebiasaan buruk menyalakan AC inverter ketika baru beberapa detik yang lalu dimatikan. Tunggu selama beberapa menit hingga Freon dan oli kompresor AC bisa kembali beradaptasi dan mempersiapkan diri.

Dengan mengurangi kebiasaan ini, setidaknya kita telah membantu mengurangi pembengkakan tagihan listrik. Cara ini juga efektif untuk menjaga kualitas kompresor AC sehingga bisa bertahan lebih lama.

  1. Pilih AC inverter dengan PK yang tepat

Saat mengunjungi toko AC kita sering kali bingung memilih AC inverter yang seperti apa dan dari merek mana. Untuk mempermudah proses pembelian, biasakan untuk memilih AC inverter yang PK-nya sesuai. Contoh bila luas ruangan 4×6 meter maka belilah AC inverter yang minimal memiliki 2 PK.

  1. Jangan setting fan speed secara full

Berbeda dari kontraktor AC yang sudah sangat familier dengan AC inverter, terkadang kita masih bingung untuk mengoperasikan AC. Salah satu kesalahan fatal yang sering terjadi adalah mengatur suhu AC dengan setingan fan speed yang ekstra full. Padahal, kondisi tersebut bisa mempengaruhi kualitas dari AC. Ada baiknya, jika mengatur suhu dengan kecepatan minimal.

  1. Kurangi kebiasaan buka tutup pintu ruangan saat menyalakan AC

Meskipun sepele nyatanya banyak distributor AC yang menyarankan hal ini pada para pelanggannya. Cara ini dipercaya dapat membantu mengoptimalkan proses pendinginan sekaligus menjaga ruangan tetap dingin.

  1. Usahakan servis dan bersihkan AC secara rutin

Tips terakhir yang sering kali disarankan tapi tidak diindahkan oleh konsumen yakni melakukan servis. Seperti kendaraan pribadi atau bahkan peralatan elektronik lainnya, AC juga butuh servis dan pembersihan. Dengan melakukan servis berkala kita bisa mengetahui kondisi terbaru dari AC split inverter.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian