Tips Perawatan AC Menurut Distributor AC

5/5 (1)

Menggunakan pendingin udara dapat membuat kita jauh lebih nyaman menjalani aktivitas sehari-hari, terlebih jika dalam kondisi cuaca yang panas. Hal ini sering dilakukan oleh masyarakat perkotaan yang memiliki jam terbang tinggi, serta kondisi udara yang panas. Oleh sebab itu bagi mereka AC merupakan komponen penting demi kenyamanan mereka ketika bekerja.

Akan tetapi jika AC yang kita gunakan rusak dan mati, otomatis suhu ruangan akan meningkat. Perlu kita ketahui jika pendingin udara juga membutuhkan perawatan berkala, agar bisa AC bisa bekerja secara optimal. Namun sayangnya, mayoritas masyarakat kita lalai untuk melakukan perawatan pada AC. Padahal hal ini sudah diingatkan pada saat membeli AC pertama kali di distributor AC resmi.

Alasan mengapa perawatan pada AC sangat penting untuk dilakukan adalah:

  1. Pencegahan agar AC tidak rusak dan bisa tahan lama. Sehingga udara sejuk yang dihasilkan bisa kita nikmati dalam jangka waktu yang lama.
  2. Mencegah kebocoran air ada AC. Kebocoran air biasanya terjadi karena kerusakan pada pipa atau kotoran yang terlalu banyak menumpuk pada AC.
  3. Agar AC bisa bekerja dengan optimal.
  4. Menghemat biaya listrik. Jika ada gangguan otomatis AC akan bekerja menjadi lebih keras lagi. Oleh sebab itu energi yang listrik yang dibutuhkan juga akan semakin besar seiring dengan tagihan listrik yang akan kita bayarkan.

Tips Merawat AC Yang Baru Kita Beli Dari Distributor AC

AC yang baru kita beli dari dealer AC tentu harus kita jaga dan rawat, agar bisa bekerja optimal. Adapun cara merawat AC dengan mudah antara lain:

  • Membersihkan filter udara terlebih dahulu

Filter udara letaknya berada di dalam AC, untuk membersihkannya bisa kita lakukan sendiri. Langkah pertama adalah dengan membuka penutup depan, lalu kita bisa langsung melihat filter tersebut. Bersihkan filter dengan sabun hingga bersih, diamkan hingga kering lalu dipasang kembali ke posisi semula.

  • Servis AC 1 kali dalam 3 bulan

Servis AC sendiri bisa dilakukan dengan 2 cara yakni servis pada unit indoor dan servis pada unit outdoor. Pada bagian unit indoor cara yang perlu dilakukan adalah dengan membersihkan evaporator yang ada kisinya. Selain itu tidak lupa kita juga membersihkan saluran pembuangan air pada AC agar tidak bocor dikemudian hari. Lalu untuk membersihkan unit outdoor kita bisa langsung menyemprot evaporatornya dengan air, tetapi jika sudah terlalu kotor kita bisa mencopotnya dan kemudian dibersihkan menggunakan sabun.

Demikianlah tips dalam merawat AC. Ada baiknya sebelum membeli di distributor AC, kita menanyakan lebih lanjut mengenai perawatan tersebut. Hal ini bertujuan agar AC yang kita beli bisa memberi udara yang sejuk, bekerja optimal, tidak cepat rusak, dan hemat biaya.

 

Oleh: acwahana.com

Berikan Penilaian